Lovely Desember Ajang Promosi Kopi Toraja – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Lovely Desember Ajang Promosi Kopi Toraja

NIKMAT -- Para pimpinan SKPD sedang menikmati citarasa dan aroma kopi Toraja kemarin.

MAKALE, BKM — Acara Lovely Desember 2016 menjadi kesempatan emas bagi Pemkab Tator untuk mempromosikan Kopi Arabika Toraja. Salah satu komoditi andalan Tator ini mendapat porsi besar untuk mengetahui seperti apa cita rasa dan proses meraciknya sesuai selera.
Pada Selasa (20/12) akan digelar pengenalan cita rasa kopi Toraja diprakarsai Pemkab kerjasama PT Sulotco Jaya Abadi, salah satu eksportir Kopi Toraja ke Jepang, Amerika Serikat dan Korea.
Pengenalan cita rasa coffe dilaksanakan di Gedung Tammuan Mali Makale. Sayangnya kurang mendapat perhatian dari masyarakat dan pejabat sehingga hanya dihitung jari.
Kepala Tanaman PT Sulotco Jaya Abadi Imanuel Sude, usai pengenalan cita rasa coffe kepada BKM mengatakan, sejak PT Sulotco Jaya Abadi hadir di Tana Toraja 1988 dengan luas areal perkebunan 1.200 ha di Bolokan Lembang Tiroan Kecamatan Bittuang, setiap kali ekspor keluar negeri antara 18 hingga 20 ton sesuai dengan permintaan pasar.
Kopy Toraja diekspor keluar negeri, sambung Imanuel, didominasi dalam bentuk biji karena begitu permintaan Negara tujuan, meskipun kopy bubuk juga tetap disiapkan perusahaan seperti Follows, Semiwos, Natural dan Luwak Wait Copy sesuai pesanan konsumen.
PT Sulotco milik PT Kapal Api, lanjut Imanuel, sisitim pengembangan tanaman kopi dilakukan kerjasama dan melibatkan petani setempat melalui sistim bagi hasil 75 persen ke perusahaan karena siapkan bibit dan 25 persen ke petani pascapanen.
Bagi masyarakat pencinta kopi, kata Imanuel, sebaiknya saat minum kopi tidak pake gula utamanya bagi yang mengidap penyakit maag sebab mempengaruhi daya rangsang ke otak.
Diakui Imanuel, selama ini kopi Toraja tinggi harganya dipasaran seharga Rp.6,5 dollas AS perkilo sebab cita rasanya jauh lebih unggul dari kopi daerah lain seperti kopi Gayo Aceh lebih kental.
Kopi Toraja memiliki banyak keunggulan tinggal bagaimana promosi lebih luas, dan Lovely Desember tahun ini momen paling tepat prmosi besar-besaran kepada wisman dan wisnus, sebut Imanuel (gus/C).

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top