Sulselbar

Pemkab Hadirkan SCC

SOPPENG, BKM — Pemkab Soppeng akan menghadirkan inovasi baru dengan sistim kerja terknologi pintar. Alat ini bisa memonitor langsung segala aktivitas pemerintahan tanpa keluar dari ruang kerja.
Dengan adanya teknologi pintar ini tidak ada lagi ruang bagi pegawai yang tidak dipantau langsung bupati dan wakil bupati. Seluruh aktivitas bisa dipantau melalui CCTV.
Direktur Konsultan Politik Nurani Strategic yang merupakan Konsultan Politik Akar Super di Pilkada Soppeng Nurmal Idrus mengatakan CCTV akan dipasang pada tempat tempat strategis begitu juga terkait data.
”Jadi tinggal di enter data yang diinginkan bisa dimunculkan lewat monitor,” ujar Nurmal Idrus kemarin.
Alat tersebut akan diberi nama Soppeng Command Centre (SCC). Dengan SCC bupati dan wabup bisa mengendalikan sebagian pemerintahan hanya dalam sekali sentuhan dari ruang kerjanya.
“Ini terobosan baru dan belum dimiliki pemerintah daerah lain di Indonesia. Bupati mengontrol pemerintahannya tanpa beranjak dari ruang kerjanya,” tambah Nurmal.
SCC berupa ruang kendali yang ditempatkan di ruang kerja Bupati Soppeng. Terdiri dari puluhan layar lebar yang mempunya tugas masing-masing. Modelnya sangat futuristik dan mengadopsi ruang kontrol di Film Star Wars,” katanya
Dari ruang kontrol, bupati dan wabup bisa dengan mudah memantau semua aktivitas pemerintahannya mulai dari pergerakan data hingga aktivitas fisik.
SCC ini bisa mengendalikan pergerakan mobil sampah, pemadam kebakaran hingga ambulance oto mapajappa. “Selain itu ada puluhan CCTV yang dipasang di beberapa tempat strategis di seluruh Soppeng yang terhubung dengan SCC,” tambahnya.Pergerakan dan tingkat kedisiplinan pegawai Pemkab Soppeng juga terkontrol dari ruang ini. Semua unit kerja dipasangi dengan CCTV tersambung ruang kontrol. Sementara kehadiran pegawai dikontrol melalui sistem scan absensi yang langsung terekap di SCC.
“Launchingnya akan diusahakan pada setahun pemerintahan AKAR SUPER pada Februari 2017 mendatang,” tandas Nurmal (fir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top