Berita Kota Makassar | KPU Sulbar Tetapkan Data DPT
Sulselbar

KPU Sulbar Tetapkan Data DPT

MAMUJU, BKM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulbar akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Sulbar 2017. Penetapan dilakukan melalui rapat pleno yang telah berlangsung di aula kantor KPU Sulbar, Jumat (16/12).
”Dalam proses penetapan terhadap DPT untuk seluruh wilayah kabupaten yang ada di Provinsi Sulbar, telah sempat memakan waktu atau tertunda selama sepekan,” kata Ketua Bidang Data KPU Sulbar, Adi Arwan Alimin.
Penundaan yang dilakukan pihak KPU Sulbar dengan adanya rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulbar. ”Makanya, kami dari KPU Sulbar memutuskan melakukan penundaan penetapan, tak lain setelah adanya beberapa temuan data DPT. Sehingga diputuskan dilakukan penundaan. Hal ini dilakukan dengan tujuan melakukan pencermatan pada data DPT kembali,” katanya.
Dalam rapat pleno tersebut, tambahnya, KPU Sulbar telah mempersilakan pada masing-masing KPU kabupaten untuk memaparkan hasil pencermatan DPT atas rekomendasi Bawaslu tersebut.
Seperti halnya yang dilakukan KPU Kabupaten Mamasa dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) 488 buah. Sebelum menetapkan DPT, jumlah pemilih tercatat sebanyak 117.766 jiwa. Setelah melakukan pencermatan, KPU Mamasa kemudian menetapkan DPT sebanyak 117.541 jiwa.
KPU Mamuju juga sebelumnya menetapkan DPT sebanyak 158.249 jiwa, kini menjadi 157.896 jiwa, Mamuju Utara dengan DPT sebelumnya sebanyak 84.084 jiwa, berubah menjadi 83.901 jiwa, Majene dengan DPT sebanyak 108.531 jiwa menjadi 108.479 jiwa, serta KPU Polman yang sebelumnya juga menetapkan DPT sebanyak 302.182, kini menjadi 301.325 jiwa.
Pada prosesnya, penetapan DPT ini berjalan lancar. Namun KPU Sulbar terpaksa menskorsing rapat hingga pukul 19.00, dikarenakan pihak KPU Mamuju Tengah belum hadir dalam rapat pleno ini. Meski KPU Mamuju Tengah akhirnya tiba di Kantor KPU Sulbar Pukul 20.17, lantas tak membuat penetapan DPT dilakukan. Hal ini disebabkan data yang dipaparkan KPU Mateng masih perlu dicermati.
Akhirnya KPU kembali menskorsing rapat untuk kedua kalinya. Selanjutnya memberi kesempatan kepada KPU Mateng memperbaiki data yang dianggap belum sinkron. ”Kami dari KPU Mateng memohon maaf atas keterlambatan kami menghadiri penetapan ini. Sesuai rekomendasi Bawaslu, hasil faktualnya memang ditemukan ganda, jadi kami melakukan penyaringan. Akhirnya kami simpulkan, hasil rekap DPT Mateng dari 72.739 menjadi 70.949 jiwa,” terang salah seorang komisioner KPU Mateng.
Tepat pada pukul 23.59 Wita, rekapitulasi akhir DPT Pilkada Sulbar 2017 Sulbar akhirnya ditetapkan KPU Sulbar. Yakni sebanyak 840.091 jiwa. Jumlah ini terbagi atas pemilih laki-laki sebanyak 420.077 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 420.014 jiwa.
”Dengan demikian, di dalam forum rapat rekapitulasi ini kita semua setujui hasil pleno DPT ini, kita akan berikan surat model A3KWK. Selanjutnya, pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT ini, akan masuk dalam DPTb. Itu artinya, DPT yang kita tetapkan pada malam ini, masih bisa berubah, berkurang atau bertambah. Itu setelah kita plenokan hasil DPTb nantinya,” tutup Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuriah.
Penetapan DPT ini juga dihadiri langsung komisioner Bawaslu Sulbar, LO atau tim penghubung masing-masing pasangan calon, pihak Disdukcapil tiap kabupaten, dan pihak Pemprov Sulawesi Barat yang diwakili utusan biro pemerintahan. (ala/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top