Berita Kota Makassar | BI Bantu Pengairan Pertanian
Gojentakmapan

BI Bantu Pengairan Pertanian

JENEPONTO, BKM — Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Selatan memberi bantuan pengairan pertanian melalui pompanisasi. Pemberian bantuan dalam rangka ketahanan pangan di Desa Kassi dan Desa Bontocini, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto. Apalagi selama ini, kedua desa tersebut sering mengalami kekeringan.
”Ini adalah salah satu bentuk partisipasi BI kepada masyarakat yang sering mengalami kekeringan karena daerahnya terkenal tandus. Semoga dengan adanya bak penampungan air ini, bisa menjamin ketersediaan air bagi masyarakat petani didua desa, yakni Desa Kassi dan Desa Bontocini, Kecamatan Rumbia. Ke depan kita akan tambah lagi untuk Desa Barong Lamu Kecamatan Arungkeke, Desa Datara Kecamatan Bontoramba, dan Desa Bontotiro Kecamatan Rumbia. Semoga dengan adanya bantuan ini, sumber air tersedia sepanjang musim. Jadi para petani dapat semakin meningkat kesejahteraannya,” jelas Pemimpin BI Wilayah Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat, di sela-sela penyerahan bantuan tersebut di Jeneponto, Senin (19/12).
Sementara itu, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menyampaikan terimakasihnya kepada BI dengan adanya bantuan bak penampungan pengairan lahan pertanian melalui pipanisasi. Karena ini akan sangat mendukung dalam rangka ketahanan pangan di Kabupaten Jeneponto.
Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD Jeneponto, Muhammad Kasmim, Sekkab Jeneponto, Muhammad Syarif, Wakapolres Jeneponto, Kompol A Limpong, Kadis Pertanian Jenepont, Haji Ahmad, para pimpinan SKPD, camat, serta para lurah dan desa se Kabupaten Jeneponto di ruang pola kantor bupati Jeneponto, Senin (19/12).
Iksan Iskandar mengatakan, untuk di Desa Kassi dapat mengairi perkebunan untuk tanaman holtikultura dengan luas lahan sekitar 125 hektare, untuk Desa Bontocino dapat mengairi lahan persawahan khususnya tanaman padi dengan luas lahan sekitar 150 hektare.
”Dengan adanya bantuan dari BI Wilayah Sulsel, setidaknya sudah dapat mengairi lahan pertanian masyarakat didua desa itu sepanjang musim. Dan persediaan air akan secara kontinyu dan terus menerus. Sehingga kesejahteraan petani semakin baik dan meningkat,” ujar Iksan Iskandar.
Ketua kelompok Tani Desa Kassi, H Amang, mengatakan, dengan adanya persediaan air sepanjang musim. Dengan demikian, masyarakat petani akan dapat menanam berbagai macam pertanian, seperti tanaman lombok besar, lombok kecil, tomat, dan sayur mayur yang sangat laku di pasaran.
”Semoga ke depan kami sebagai petani semakin meningkat kesejahteraan kami. Terimakasih kepada Pemimpin Wilayah BI Sulsel dan bupati Jeneponto yang telah bersusah payah mengadakan air di desa kami. Sehingga kami dapat melaksanakan bercocok tanam dengan tanpa ragu-ragu akan kekurangan air. Karena sekarang sudah tersedia sumber air sepanjang musim,” jelas H Amang. (krk/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top