Sulselbar

Ancaman NKRI Bersifat Multidimensi

BKM/ALALUDDIN BELA NEGARA -- Bupati Mamuju, Habsi Wahid saat memberikan sambutan pada acara peringatan hari Bela Negara.

MAMUJU, BKM — Kementerian Pertahanan Republik Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju menggelar peringatan Hari Bela Negara 1948-2016 dihalaman kantor bupati Mamuju, Senin (19/12).
Bupati Mamuju, Drs Habsi Wahid yang bertindak selaku inspektur upacara, mengatakan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) perlu untuk pertahankan. Begitu pula dengan dasar negara Pancasila.
”Bagaimana melakukannya, tentu bukan sekadar bela negara yang mempertahankan fisik saja. Terlebih di jajaran pemerintah daerah yaitu mempertahankan peningkatan pembangunan, baik itu pendidikan dan kesehatan ataupun infrastruktur lainnya. Utamanya dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat sebagai bentuk bela negara yang sebenarnya,” paparnya.
Bupati Mamuju berharap kepada seluruh masyarakat untuk secara bersama–sama mengisi kemerdekaan ini dengan mempertahankan keuntuhan NKRI. Sementara saat membacakan sambutan tertulis Presiden RI, Joko Widodo, Bupati Habsi Wahid mengatakan, seluruh rakyat Indonesia untuk menatap masa depan dengan kaki yang tertanam kuat di dalam sejarah perjuangan bangsa.
Saat ini, tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan bangsa sudah berkembang baik fisik maupun non fisik. Ancaman berkembang menjadi bersifat multidimensi. Karena karakter ancaman dapat bersumber dari ideologi, politik, ekonomi, dan sosial budaya. Maka lahirlah ancaman–ancaman nasional seperti korupsi, narkoba, ekstrimisme, terorisme, dan banyak lagi.
Jokowi berharap, kader-kader bela negara mampu menularkan virus nilai-nilai bela negara kepada masyarakat di wilayah masing–masing. Juga, lingkungan tugas dan pekerjaannya. Dengan demikian, akan terwujud implementasi dari gerakan nasional bela negara.
”Kita semua harus tahu tugas sejarah kita adalah membela negara ini dari kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan, dan ketergantungan. Tugas ini sangat berat dan ada di depan mata. Tapi dengan semangat persatuan, kerja keras dan perjuangan kita bersama, saya yakin tugas sejarah itu bisa kita pikul bersama,” ujar Habsi.
Peringatan Hari Bela Negara tingkat Kabupaten Mamuju turut dihadiri Wakil Bupati Mamuju, H Irwan SP Pababari, perwakilan Kementerian Pertahanan RI Korda Sulbar, Kolonel Inf Pramungkas AT, SIPem, MH, Sekretaris Kabupaten Mamuju, Drs Muh Daud Yahya, para asisten Pemkab Mamuju, para kepala SKPD TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, dan seluruh peserta upacara lainnya. (ala/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top