Adi: NH dan IYL Paling Siap Maju di Pilgub – Berita Kota Makassar
Politik

Adi: NH dan IYL Paling Siap Maju di Pilgub

BKM/RAHMA Bakal calon Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang mendapat dukungan pimpinan Tarekat Sammang, Minggu (18/12). Agus yang juga Wakil Gubernur diharap dapat menjadi Gubernur Sulsel akan datang.

MAKASSAR, BKM–Sedikitnya enam dari 12 partai politik (Parpol) tengah mempersiapkan kadernya untuk ikut bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang.
Keenam parpol tersebut yakni Golkar, Demokrat, Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasdem serta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
Golkar dapat mengusung HAM Nurdin Halid (NH), Demokrat dapat mengajukan nama Aliyah Mustika Ilham, Gerindra bisa mendorong Andi Rudianto Asapa atau La Tinro La Tunrung, sementara PAN tengah mendorong Ashabul Kahfi. Adapun Nasdem dapat mengusung Rusdi Masse, sementara PDIP dapat mendorong Andi Ridwan Wittiri atau Burhanuddin Andi.
Sekjen DPP Golkar Idrus marham menegaskan bila NH hampir apsti diusung beringin di Pilgub nanti. “Golkar tetap memprioritaskan untuk mendorong pak Nurdin di Pilgub, soal survei gambang diatur,”ujar Idrus baru-baru ini.
Wakil Ketua DPW PAN Sulsel Andi Irfan AB menegaskan bila partainya juga menyiapkan Ashabul Kahfi maju di Pilgub, “PAN siap mengusung ketuanya, apakah 01 atau 02,”ujar Irfan, Senin (19/12).
Dosen politik Unhas Dr Adi Suryadi Culla mengemukakan bahwa Pilgub 2018 mendatang akan melahirkan tantangan yang lebih sulit karena tiadanya petahana. Berbeda di Pilgub sebelumnya, jika ada petahana maka peta politik lebih mudah, “Petahana umumnya kuat menghadapi para penantang. Itu karena petahana dalam jabatannya sebagai kepala daerah satu periode memberi keuntungan,”ujar Adi Suryadi Culla, Senin (19/12).
Ironisnya, kata Adi adalah peta politik yang saat ini mencuat, yang masih tanda tanya karena tampaknya belum jelas bentuk konfigurasinya. Biasanya, dalam Pilgub tanpa petahana akan melahirkan banyak calon. “Tapi, untuk peta konfigurasi Pilgub Sulsel yang terbaca saat ini, setidaknya baru ada 2 orang calon utama yang bisa diprediksi ke depan akan tampil sebagai calon. Itu karena basis dukungan terhadap mereka dari partai politik yang indikasinya sudah mulai dapat terbaca. Yaitu, Nurdin Halid dan Ichsan Yasin limpo (IYL),”jelas Adi kemarin.
Menurutnya, kedua calon tersebut yakni NH dan IYL yang untuk sementara hampir pasti menjadi calon yang akan berhadapan. “NH mendapatkan tiket dari Partai Golkar, apalagi posisi NH saat ini sebagai Plt Ketua Golkar Sulsel yang akan menentukan. Sedangkn IYL dalam berbagai komunikasi politiknya ke sejumlah partai, setidaknya mengisyaratkan akan mendapatkan dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dari segi elektoral akan menghantarkannya sebagai kandidat,jetasnya.
Adapun beberapa kandidat lainnya, tampak masih belum terpatri, belum jelas partai mana yang akan menjadi pengusung, seperti misalnya Agus Arifin Nu’mang, Nurdin Abdullah, Abd Rivai Ras, Abd Aziz Qahhar Mudzakkar dan bakal calon-calon lainnya. “Kecuali jika Rusdi Masse (RMS) yang mungkin juga maju, dia pun memiliki parpolnya sendiri yang akan mengusunkannya, meskipun harus berkoalsi dengan parpol lain untuk kecukupan administratif elektoral sebagai kandidat.
Sehari sebelumnya, Agus Arifin Nu’mang medapat dukungan dan doa dari pimpinan dan jamaah Khalwatiah Samman di Tanralili Maros Andi Puang Raja. (rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top