SKPD Diimbau Tender Fisik Januari – Berita Kota Makassar
Metro

SKPD Diimbau Tender Fisik Januari

MAKASSAR, BKM– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar mengimbau, seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkot Makassar yang telah memiliki program pembangunan fisik segera melakukan tender awal tahun anggaran, atau paling lambat Februari 2017 mendatang.
Anggota Komisi A DPRD Makassar, Mesakh Raymond Rantepadang mengatakan, program kerja pembangunan fisik yang telah mendapat alokasi anggaran dari APBD 2017 ini harus cepat dilaksanakan. Hal ini untuk mempercepat serapan anggaran di awal tahun.
“Ini harus dipercepat sebab pembangunan fisik memiliki tahapan yang lama. Bahkan proses lelang cukup menyita waktu, sehingga harus secepatnya digenjot untuk menuntaskan proses,”ungkapnya, kemarin.
Menurut Legislator Fraksi PDIP ini, tender fisik yang dilaksanakan awal tahun 2017 juga untuk menghindari adanya program kerja yang mandek, seperti pekerjaan jalan, drainase, puskesmas dan perkantoran. Semua itu sifatnya urgen karena berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat adapun anggaran yang sudah siap saat anggaran sudah berjalan.
Ia juga menegaskan, proyek yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat tidak boleh ditunda. Untuk itu, pihaknya memberikan tenggat waktu Pemkot Makassar pada Maret 2017 proyek sudah berjalan.
Selain ia menambahkan, keterlambatan belanja untuk pembangunan infrastruktur dapat merugikan masyarakat. Karena penyelesaian tertunda.
Wakil Ketua Komisi C DPRD Makassar, Fasruddin Rusli menambahkan pemkot tidak perlu takut membelanjakan anggarannya. Hanya saja kata dia, harus sesuai aturan lelang proyek pembangunan sebagaimana diatur dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN) nomor 5/2014.
“Didalamnya sudah diperjelas petunjuk teknis penyelenggaraan tender proyek pembangunan pemerintah. Semuanya ada dasarnya, ikut aturan sudah pasti aman,” ucapnya.
Legislator Fraksi PPP ini mengukur keberhasilan SKPD dapat dilihat dari jumlah serapan anggaran. Hal itu salah satu bukti telah melakukan pekerjaan dengan menjalankan program yang telah disepakati dalam pembahasan anggaran bersama dengan badan anggaran (Banggar).
“SKPD harus bekerja keras, jangan hanya belanja untuk alat perkantoran dan lainnya digenjot, sementara pekerjaan fisik ditunda,” ujarnya.(ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top