Berita Kota Makassar | Sekolah Model Gammara Bakal Terima Hadiah
Gojentakmapan

Sekolah Model Gammara Bakal Terima Hadiah

BKM/KR KULLE SOSIALISASI SEKOLAH MODEL -- Bupati Jeneponto, H Iksan Iskandar saat membuka sosialisasi sekolah model

JENEPONTO, BKM — DI Kabupaten Jeneponto saat ini memiliki 16 Sekolah Model (SM) yang terdiri dari 13 Sekolah Dasar (SD) serta masing-masing satu SMP, SMA, dan SMK. Sekolah model ini mampu mewujudkan delapan standar mutu pendidikan. Sehingga menjadi panutan bagi sekolah lainnya.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga (Disdikpora) Kabupaten Jeneponto, H Nuralam Basir di sela-sela pelaksanaan sosialisasi sekolah model Gammara tingkat Kabupaten Jeneponto, di aula Panrangnuanta kantor Disdikpora Kabupaten Jeneponto, akhir pekan lalu.
Kegiatan ini dibuka Bupati Jeneponto, H Iksan Iskandar. Turut hadir Lembaga Penjamin Mutu Pendididikan (LPMP) Provinsi Sulsel, Dewi Angraeni, Kepala Dinas Kesehatan Jeneponto, dr H Syafruddim Nurdin, Kepala Bappeda Jeneponto, H Masri, Kepala Dinas KP, H Agus Saleh, dan para kepala sekolah se Kabupaten Jeneponto.
Nuralam lanjut mengatakan, sekolah model itu mampu mewujudkan delapan standar mutu pendidikan. Sehingga menjadi panutan bagi sekolah lainnya. DIsektor kesehatan sekolah, terutama toilet sekolah, idealnya 30 orang siswa satu toilet. Tapi jangan juga dipaksakan kalau lahannya sempit. ”Yang penting, jaga kebersihan tidak jorok dan tidak bau serta pohon dan kembang juga harus ditanam. Selain keindahan sekolah, juga memberi hawa sejuk karena rimbun,” jelas Nuralam.
Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, mengatakan, perlu diketahui kalau Kabupaten Jeneponto adalah daerah tertinggal. Indikatornya antara lain mutu pendidikan derajat kesehatan dan daya beli masyarakat. ”Kalau sektor sektor kesehatan sudah ada di papan tengah. Hanya sektor pendidikanlah yang belum bisa beranjak dari angka ke 24 tingkat kabupaten dan kota se Sulsel.
Maka dari itu, pihaknya sangat gembira mendengar baru tiga bulan dicanangkan peningkatan mutu pendidikan sudah menghasilkan 16 sekolah model yang sangat sinkron dengan tagline Jeneponto Gammmara. Artinya, gerakan bersama menuju Jeneponto ramah. Dimana, guru-gurunya harus ramah-ramah. Bukan marah-marah tidak karuan. Hindari itu. Sehingga dalam proses belajar berjalan lancar.
”Saya akan mengunjungi sekolah model siapa yang saya anggap memenuhi standar baik itu proses belajar mengajar, maupun pada saat mulai mau masuk kelas. Seperti pemeriksaan kuku. Itu semua saya akan periksa terutama kelengkapan administrasi sekolah. Itu semua kriteria sekolah model itu yang akan saya nilai siapa yang saya anggap sebagai sekolah model Gammara saya akan beri hadiah. Jadi siap-siap saja,” jelas Iksan Iskandar. (krk/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top