OSCCI Bantu Cari Bahan Pustaka Budaya Lokal – Berita Kota Makassar
Headline

OSCCI Bantu Cari Bahan Pustaka Budaya Lokal

MAKASSAR, BKM — Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sulsel membentuk tim aksi proyek perubahan One Search Celebes Culture Information (OSCCI). Tim ini bertujuan untuk menghimpun jaringan informasi tentang bahan pustaka yang bernuansa budaya lokal Sulawesi.
Pembentukan jaringan informasi ini berdasarkn SK Gubernur Sulsel No 2194/X/2016 yang diterbitkan Oktober 2016 dan ditandatangani Sekretaris Provinsi Sulsel, H Abd Latif.
Kabid Layanan, Otomasi dan Pengembangan Jaringan Informasi BPAD Sulsel, Heri Rusmana bertindak sebagai reformer tim aksi OSCCI. Saat berlangsung sosialisasi di Hotel Grand Asia Makassar, Sabtu (17/12) lalu, Heri mengatakan, pengenalan jaringan kerja sama ini dimaksudkan untuk mempermudah bagi para pemustaka dalam mencari bahan pustaka terkait sejarah dan budaya lokal kawasan Sulawesi.
“Mereka (para pemustaka) bisa mengakses informasi secara online di perpustakaan. Ke depannya, Pemprov Sulsel akan mengembangkam lebih lanjut tentang koleksi berciri khas sejarah budaya lokal terkait Sulawesi,” kata Heri Rusmana.
Dengan adanya katalog ini, tambah dia, bagi perpustakaan yang belum memiliki koleksi terkait budaya lokal, dapat menjadikannya sebagai bahan referensi untuk pengadaan buku untuk koleksi perpustakaannya. Karena dengan adanya fasilitas jaringan informasi tersebut, dapat diketahui pengarang, judul buku dan penerbitnya.
”Tindak lanjut dari tim aksi OSCCI ini, kita lakukan sosialisasi kepada seluruh pustakawan, pegawai dan stakeholder seperti penerbit, budayawan, penulis dan pemerhati IT,” kata Heri Rusmana lagi. (rhm/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top