Metro

Irwan Akib Dikukuhkan Jadi Guru Besar

BKM/ZAIN SYAM PENGUKUHAN--Prof H Irwan Akib dikukuhkan jadi guru besar dalam bidang pendidikan matematika pada FKIP Unismuh Makassar

MAKASSAR, BKM– Prof Dr H Irwan Akib, MPd dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Pengukuham itu dilakukan dalam rapat senat luar biasa, Minggu (18/12) di Balai Sidang Utama Unismuh.
Hadir Rektor Unismuh, Dr H Abd Rahman Rahim, MSi, Ketua BPH Unismuh, Ir H Saiful Saleh, MSi, para rektor dan dosen serta civitas akademika dan undangan.
Irwan Akib dalam pidatonya banyak membahas masalah keprihatinan bangsa. Artinya, disatu sisi bangsa lain semakin memacu diri untk eksis dan memberi pengaruh terhadap perkembangan dunia global, sedang pada sisi lain suasana kehidupan kebangsaan kita masih bergelimang dalam lumpur krisis. Kita masih dilingkupi beragam krisis dengan memudarnya nilai-nilai utama yang sesungguhnya merupakan nilai-nilai luhur budaya bangsa.
Misalnya, krisis etika dan moral baik di kalangan generasi muda maupun di kalangan elit bangsa, gaya hidup serba instan, perilaku korup, krisis keteladanan, , hukum belum tegak, dan belum mampu memberikan rasa keadilan yang sebagian elit kehilangan etika, dan standar nilai serta berbagai fenomena yang memiriskan dan menyayat niai-nilai yang selama ini berakar di masyarakat kita.
Prof Irwan Akib menambahkan, bila kondisi ini masih terus bergelimang dengan berbagai pradoks, Indonesia akan terus berada dalam kondisi ketergantungan dan tertinggal dalam bebagai hal. Padahal sebagai anak bangsa tentu kita berharap dan selalu berikhtiar agar Indonesia jadi lokomotif kemajuan, menjadi penentu arah perjalanan bangsa-bangsa di dunia ini.
Untuk mencapai hal tersebut, ungkap Irwan Akib, bangsa ini harus mampu menyiapkan sumberdaya manusia yang mumpuni SDM yang mampu menghadirkan dirinya sebagai bagian dari pemberi solusi bangsa dan dunia global. Menghadirkan SDM yang memiliki kecerdasan dan integritas, insan-insan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan keadilan, insan-insan yang senantiasa menjadikan kejujuran sebagai bagian dari kehidupannya dalam berbagai aktivitas. (zai/war)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top