BPBD Maros Dirikan Posko – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

BPBD Maros Dirikan Posko

MAROS, BKM — Melihat kondisi cuaca yang mulai ekstrim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros sudah mulai mendirikan Posko. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam. Posko yang disiagakan BPBD ini nantinya akan dijaga puluhan relawan gabungan BPBD dan Damkar yang berlokasi di tengah pusat perkotaan Kabupaten Maros.
Kepala Pelaksana Tugas (Plt) BPBD Kabupaten Maros, Husair Tompo, mengatakan, pihaknya sudah mulai mengaktifkan posko penanggulangan bencana Kabupaten Maros. ”Sebentar malam para sukarelawan sudah mulai siaga di posko untuk menerima laporan terjadinya bencana alam di Kabupaten Maros,” ujarnya, Jumat pekan lalu.
Husair juga mengatakan, telah mensiapsiagakan fasilitas penunjang yang telah dimiliki BPBD Maros untuk digunakan ketika terjadi bencana alam. ”Kami sudah menyiapkan tenda induk sebanyak tiga buah, mobil rescue satu unit, kendaraan operasional satu unit, tiga unit kendaraan motor trail, empat unit perahu karet, satu perahu lipat, satu buah perahu fiber bermotor, alat pemotong kayu empat unit dan beberapa alat penunjang yang nantinya akan dibutuhkan untuk penanggulangan dini ketika terjadi bencana alam,” ungkapnya.
Demi keakuratan laporan dan untuk pelayanan cepat, pihaknya telah meluncurkan kontak pelayanan untuk penerimaan laporan ketika terjadi bencana alam. ”Nomor kontak bantuan kami sudah siapkan dan bisa dihubungi selama 24 jam untuk melaporkan kejadian bencana alam yang terjadi diwilayah masyarakat, di antaranya nomor Kasubbid kedaruratan 081342226228, koordinator lapangan 082290520894, serta Dansatgas dinomor 082349913829,” bebernya.
Untuk sementara, dana yang digunakan dalam Posko antisipasi bencana alam BPBD Maros masih menggunakan dana swadaya, melihat pihak Pemkab Maros belum mencairkan dana tersebut. ”Untuk penganggaran Posko, kami sudah merincikan sekitar Rp10 juta. Namun belum ada pencairan. Jadi untuk sementara kami menggunakan dana swadaya dulu. Namun, itu tidak berdampak kepada kinerja kami yang akan siap 24 jam untuk membantu masyarakat Maros ketika mengalami bencana alam,” ungkapnya. (ari/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top