Sistem Online Lalin Disosialisasikan – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Sistem Online Lalin Disosialisasikan

LAUNCHING -- Jajaran Polres Sidrap saat mengikuti launching tiga sistem online di bidang lalu lintas dengan menggunakan telecompres di ruang pertemuan Polres Sidrap, Jumat, (16/12).

SIDRAP, BKM — Jajaran Polres Sidrap, Kejari, dan PN mengikuti peresmian tiga sistem online di bidang lalu lintas dengan menggunakan telecompres di ruang pertemuan Polres Sidrap, Jumat, (16/12).
Penggunaan tiga sistem online lalu lintas resmi diberlakukan Polri di seluruh wilayah Indonesia. Ketiga sistem online itu yakni e-tilang, e-Samsat dan SIM baru online.
Adanya tiga sistem itu, mulai disosialisasikan kepada masyarakat luas terkait dengan memberlakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas melalui sistem bukti pelanggaran (tilang) secara elektronik atau e-tilang.
Penggunaan elektronik Samsat dan pengambilan Surat Ijin Mengemudi (SIM) juga melalui online. “Kan launching baru hari ini (kemarin, red) dilaksanakan di Polda Metro Jaya. Nah, Polres Sidrap pun akan menyusul pemberlakukan ketiga online itu,” ujar Kasat Lantas Polres Sidrap, AKP H Muhdar, Jumat, (16/12).
Namun, terlebih dahulu akan mensosialisasikan kepada masyarakat, serta mengirim anggotanya untuk mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi e-tilang tersebut.
“Sebelum penerapan di lapangan, terlebih dahulu kita akan mengikutsertakan anggota kami dalam pelatihan penggunaan aplikasi e-tilang ini,” ucapnya.
Menurutnya, peresmian e-tilang merupakan jawaban dari reformasi hukum dan transparansi polisi di bidang penegakan hukum khususnya di bidang lalulintas. Dikatakan, penegakan hukum dengan sistem e-tilang dapat mempercepat, memudahkan, memangkas birokrasi sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat.
“Masyarakat yang kena tindakan hukum di bidang pelanggaran lalu lintas dapat dipermudah atau diberikan ruang untuk menitipkan denda tilang ke bank yang telah ditunjuk dalam hal ini Bank BRI dengan fasilitas jaringan perbankan dengan ATM, electronic data capture (EDC) dan fasilitas lainnya, tanpa hadir di persidangan,” ucapnya.
Apabila setelah amar putusan ternyata nominal denda lebih kecil dari uang yang dititipkan di bank, lanjut Muhdar nanti sisa titipan denda tilang dapat diambil di bank atau ditransfer ke rekening pelanggar.
Adapun tata cara penitipan denda tilang dapat melalui mekanisme teller BRI, mobile banking BRI, dan tilang online melalui EDC BRI. (ady/B)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top