Dukung Explore South Sulawesi – Berita Kota Makassar
Bisnis

Dukung Explore South Sulawesi

IST MEMUKAU -- Wisata pantai dan lantai menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Salah satu objek wisata di Selayar yang menjadi primadona bagi wisatawan baik mancanegara maupun domestik.

MAKASSAR, BKM — Tiga even internasional akan digelar di Kabupaten Kepulauan Selayar pada tahun 2017 mendatang. Even ini sebagai bentuk dukungan terhadap program Explore South Sulawesi yang telah diluncurkan Pemprov Sulsel, beberapa waktu lalu.
Agenda tersebut sekaligus menjadi program jangka panjang Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangka mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Bumi Tanadoang (julukan Kepulauan Selayar, red).
Salah satu di antaranya adalah lomba foto bertaraf internasinal yang sudah digelar dua tahun berturut-turut. Kegiatan tersebut akan berdampingan dengan even tahunan Festival Pesona Takabonerate yang sebelumnya bernama Takabonerate Island Expedition (TIE). Kegiatan berskala besar lainnya adalah penyambutan beberapa kapal pesiar yang sengaja diundang ke Kepulauan Selayar.
”Caledonian Sky adalah kapal pesiar yang rutin menyambangi Kepulauan Selayar. Pada 2017 mendatang, kita akan upayakan kapal pesiar lain mengunjungi Selayar,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Selayar, Kadhafi, di Selayar, Jumat (16/12).
Serangkaian kegiatan tersebut dinilai pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, strategis untuk memperkenalkan wisata Kepulauan Selayar kepada dunia internasional. Sehingga memberi kontribusi pada peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung setiap tahunnya. ”Buktinya, dalam beberapa tahun terakhir, jumlah wisatawan kita meningkat signifikan sampai 25 persen,” lanjut Kadhafi.
Selain ketiga kegiatan internasional tersebut, agenda besar Sail Takabonerate juga dilontarkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Hanya saja untuk Sail Takabonerate rencananya diselenggarakan pada tahun 2018.
”Sail Takabonerate adalah kegiatan bersifat multievent dengan melibatkan banyak pihak dan partisipan. Sehingga kita butuh waktu relatif panjang untuk persiapan,” ucap Kadhafi.
Berbagai pembenahan telah dilakukan menyambut tiga kegiatan besar yang akan hadir di Bumi Tanadoang. Selain menyiapkan berbagai infrastruktur, Kepulauan Selayar juga diuntungkan dengan penerbangan reguler (setiap hari) yang dilakukan maskapai Wings Air dari Makassar ke Selayar.
”Transportasi yang sudah rutin setiap hari harus dimanfaatkan Kepulauan Selayar untuk menggelar even-even besar sekaligus menjual potensi wisata,” ungkap Farid Said, pengamat pariwisata dan sekaligus dosen AKPAR Makassar. (mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top