Berita Kota Makassar | Tujuh Perusahaan Tambang tak Kantongi Amdal
Sulselbar

Tujuh Perusahaan Tambang tak Kantongi Amdal

LUTIM, BKM — Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kabupaten Luwu Timur merilis adanya tujuh tambang galian C yang tidak mengantongi Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).
Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Pengendalian dan Pemulihan Bapedalda, Alamsyah kepada BKM, Kamis (15/12) mengakui aktivitas penambangan itu sangat meresahkan masyarakat akibat debu.
Dia menambahkan tahun 2016, sudah ada tujuh pengaduan masyarakat yang masuk soal adanya aktifitas tambang galian C yang tidak memiliki isin lingkungan. Tujuh tambang tersebut beroperasi di Desa Kasintuwu dan Kecamatan Malili.
“PT SMS melakukan penambangan di dua titik di Desa Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana, di Desa Balantang, Kecamatan Malili ada empat titik penambangan dan satu tambang di belakang SMAN 2 Malili, Desa Puncak Indah,” ungkapnya.
Menurutnya, tujuh pengelola tambang galian C tersebut sudah diberikan surat teguran. Hal itu dilakukan dalam bentuk pembinaan dengan harapan agar pengelola tambang dapat melengkapi izin operasionalnya.
“Jika teguran itu tidak diindahkan, kami akan melakukan koordinasi dengan Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan dan Kehutanan Sulawesi yang bertugas melaksanakan kegiatan penurunan gangguan, ancaman dan pelanggaran hukum lingkungan hidup dan kehutanan,” ungkap Alamsyah. (alp/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top