Samsat Gencar Kampanye Anti Pungli – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Samsat Gencar Kampanye Anti Pungli

DUKUNG -- Kanit Reg Ident, Ipda Muhammad Tang, SH, MH gencar mendukung gerakan anti Pungutan Liar (Pungli) yang diinstruksikan Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian dengan memasang sejumlah spanduk stop pungli.

SIDRAP, BKM — Polres Sidrap mendukung terus upaya gerakan anti Pungutan Liar (Pungli) yang diinstruksikan Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian. Hal itu untuk memberantas praktik pungli dan calo yang umum terjadi ditempat pelayanan masyarakat seperti kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).
Seperti yang tengah dilakukan gerakan anti pungli dan calo yakni Unit Reg Ident Satuan Lalu Lintas Polres Sidrap yang dibawah pimpinan Kanit Reg Ident, Ipda Muhammad Tang, SH, MH.
Beliau terus melakukan upaya terobosan dan inovasi untuk mencegah terjadinya praktek pungli dan calo pada unit yang dipimpinnya itu, dengan salah satunya memasang banner ataupun spanduk yang berisikan seruan untuk stop pungli di ruang-ruang pelayanan.
Spanduk dan banner seruan stop pungli tersebut dipasang di unit pelayanan Kepolisian antara lain unit pelayanan STNK dan BPKB di Samsat, serta unit pelayanan SIM yang berada di kantor Satuan Lalu Lintas.
Banner tersebut bertuliskan, “Instruksi Kapolres Sidrap, NO PUNGLI, YES MELAYANI, Menuju Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya), dimana yang menerima dan memberi suap sama sama melanggar hukum sesuai dengan pasal 207 KUHP, maka dari itu, pembayaran harus langsung loket kasir.
“Pemasangan banner dan spanduk larangan pungli itu sesuai dengan program prioritas Kapolri yaitu Profesional, Modern, dan Terpercaya di bidang Penguatan Pengawasan. Banner dan spanduk yang banyak dipasang, bukan hanya ditujukan bagi masyarakat, tapi juga bagi anggota sendiri,” Kata Kanit Reg Ident, Ipda Muhammad Tang, Kamis, (15/12).
Muhammad Tang berharap dengan adanya seruan melalui banner dan spanduk ini, warga atau wajib pajak tidak lagi menggunakan jasa calo dan menghilangkan anggapan bahwa polisi itu selalu terima uang diluar dari tarif PNBP yang diatur dalam peraturan pemerintah nomor 5 tahun 2010.
Dengan adanya himbauan itu, katanya diharap bisa memberikan motivasi kerja kepada anggota agar bekerja sesuai dengan koridor yang ada sehingga pimpinan dapat menilai dan memberikan award atau penghargaan seperti dua anggota satuan lalu lintas dari unit reg ident yang terima penghargaan dari bapak Kapolres baru-baru ini.
“Untuk mendukung dan merealisasikan program stop pungli dan calo ini, unit reg ident menempatkan personil provost di setiap ruang pelayanan.
Kami tempatkan anggota propam Polres Sidrap untuk mengawasi dan berjaga jaga disetiap pintu pelayanan Samsat demi mewujudkan program bapak Kapolri,” tandasnya. (ady/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top