PSDA Gelar Operasi Penertiban Balombong – Berita Kota Makassar
Sulselbar

PSDA Gelar Operasi Penertiban Balombong

OPERASI -- Petugas Polsus Irigasi PSDA Sidrap dan TNI saat membongkar Balombong atau Penyadapan Liar Air (PLA) yang diduga melanggar aturan, Kamis (15/12).

SIDRAP, BKM — Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) melibatkan Polisi Khusus (Polsus) Irigasi dan TNI melaksanakan operasi penertiban Balombong atau Penyadapan Liar Air (PLA).
Hasilnya, sedikitnya 5 unit Balombong berhasil ditemukan bermasalah.
Kepala Dinas PSDA Sidrap Ir Imran Abidin melalui Kepala Bidang Pegelolah SDA Sidrap, Muh Yusuf Thamrin saat di ruang kerjanya, Kamis, (15/12)
mengatakan, penertiban melibatkan 60 anggota Polsus Irigasi di 4 Daerah Irigasi (DI) yakni DI Saddang yang meliputi Kecamatan Baranti, Watang Pulu, Maritenggae, Watang Sidenreng, dan Kecamatan Tellu Limpoe, dan Panca Lautang.
Sedangkan di Bolutimoreng meliputi Kecamatan Panca Rijang dan Kulo. Kemudian untuk DI Bulucenrana yakni meliputi Kecamatan Pitu Riawa, dan Dua Pitue. Dan DI Bila meliputi Kecamatan Pitu Riase, dan Dua Pitue.
“Operasi ini sebagai salah satu upaya dalam rangka pengamanan dan pengendalian bangunan atau jaringan irigasi serta meminimalisir kehilangan air irigasi pada saat musim tanam,” ujarnya.
Pelaksanaan penertiban Balombong berdasarkan UU RI Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air dan Perda Kabupaten Sidrap Nomor 28 Tahun 2007 tentang Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi di Kabupaten Sidrap.
“Jadi, jika ada kita dapat Balombong, kita langsung mengangkat dan mengambilnya. Sementara jika Balombong itu terlalu dalam maka Polsus langsung menutupnya dengan menggunakan cor,” jelasnya.
Muh Yusuf menambahkan, bahwa berdasarkan data Dinas PSDA Provinsi Sulsel tahun 2012 lalu, bahwa penyadapan liar air pada saluran induk Rappang sekitar 46 unit. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top