Pandam: TNI Tak Bisa Berbuat Tanpa Rakyat – Berita Kota Makassar
Metro

Pandam: TNI Tak Bisa Berbuat Tanpa Rakyat

MAKASSAR ,BKM — Prajurit TNI AD sangat antuasias merayakan Hari Juang Kartika 2016 di depan Makodam VII Wirabuana. Perayaan Hari Juang Kartika 2016 ini dipimpin langsung Panglima Kodam (Pangdam) VII Wirabuana, Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Kamis (15/12).
Dalam smabutan Agus Surya Bakti mengingatkan jika historis dari lahirnya Hari Juang Kartika TNI AD ini karena peristiwa pertempuran Ambarawa yang sebelumnya bernama Hari Infanteri. Untuk itu, TNI senantiasa bersama rakyat dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tanpa kebersemaan dengan rakyat, TNI tidak akan kuat.
“TNI itu timbul tenggelam bersama masyarakat. Tanpa bersama rakyat TNI tidak ada apa apanya. Dan TNI AD mengorbankan jiwa dan raganya, harta bendanya, semuanya demi kepentingan rakyat bangsa dan Negara,” tutur Agus.
Lebih lanjut Agus SB menjelaskan, jika ada penjabaran Hari Juang Kartika tak lain memperkuat ketahanan wilayah. Sistem pertahanan TNI bermuara pada pertahanan rakyat semesta, bukan hanya pertahanan TNI semata.
Untuk mewujudkan pertahanan rakyat semesta, kekuatan masyarakat dimulai dari desa, kemudian kekuatan diperkuat sampai provinsi dan nasional kalau bicara NKRI.
“Jadi untuk mempertahankan keutuhan NKRI, TNI harus menyesuaikan diri. Sebab, ancaman terhadap NKRI bukan lagi persoalan perang atau ancaman militer, melainkan ancaman non-militer,” katanya.
Peringatan Hari Juang Kartika di Makodam VII/Wirabuana dihadiri Kasatpol PP Sulsel, Iqbal Suhaeb mewakili Gubernur Sulsel, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, Kepala BNNP Sulsel, Brigjen Pol Agus Budiman Manalu.
Turut hadir juga, Komandan Lantamal, Laksmana Pertama TNI Yusup, Dir Intel Polda Sulsel, Kombes Isnaeni Ujiarto dan Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Rusdi Hartono.(ish)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top