Jambret Wanita Sepulang Ibadah, Dihakimi Massa dan Motor Dibakar – Berita Kota Makassar
Headline

Jambret Wanita Sepulang Ibadah, Dihakimi Massa dan Motor Dibakar

MAKASSAR, BKM — Nama lelaki ini Asri (20). Warga Jalan Manunggal 31, Kota Makassar. Pada Rabu (15/12) tengah malam, kira-kira pukul 23.30 Wita ia melakukan tindak kriminal. Menjambret tas seorang wanita yang baru pulang dari ibadah jelang natal di gereja. Korban bernama Lisa Markus (20). Warga Jalan Buntu Terpedo.
Saat melakukan aksinya, Asri bersama dua orang rekannya. Mereka mengendarai sepeda motor sambil berboncengan tiga.
Ketika kejadian, Lisa tengah berjalan kaki. Tiba-tiba saja ia dihampiri oleh pelaku yang mengendarai sepeda motor. Tas korban langsung ditarik. Lisa berusaha mempertahankan tas miliknya. Tarik menarik pun terjadi.
Tiga lawan satu, membuat korban tak berkutik. Lisa terjatuh dan terseret. Ia mengalami luka di bagian siku kiri dan lutut kiri.
Namun Lisa tak pasrah begitu saja. Ia langsung berteriak; jambret….! Teriakannya langsung mengundang perhatian. Sejumlah warga dan pemuda yang sedang berkumpul di Jalan Gunung Buntu Terpedo beraksi.
Mereka beramai-ramai menolong korban. Selanjutnya mengejar pelaku. Pengejaran hingga di Lapangan Karebosi. Namun hanya satu orang yang didapat. Dua lainnya berhasil meloloskan diri.
Pelaku tampak ngos-ngosan sesampai di lapangan yang cukup luas itu. Dalam kondisi terdesak, Asri masih berusaha menggertak warga. Ia mengeluarkan badik dari pinggangnya.
Dalam pikirannya, tindakan tersebut bisa membuat ciut nyali warga yang mengejarnya. Tapi ternyata tidak.
Warga semakin banyak berdatangan. Asri kemudian berusaha melarikan diri. Pengejaran kembali dilakukan. Akhirnya dia berhasil dicegat di depan Pengadilan Negeri (PN) Makassar Jalan Kartini.
Disitulah pelaku dihakimi massa. Bukan hanya oleh warga yang sedari tadi mengejarnya. Tapi juga oleh pengguna jalan yang melintas. Mereka berhenti dan menghadiahi Asri dengan bogem mentah serta tendangan.
Kata-kata ampun berkali-kali terlontar dari mulutnya. Namun itu tak membuat massa berhenti melakukan aksinya. Hingga akhirnya pelaku tumbang. Darah segar keluar dari telinga dan kepalanya. Diapun terus dipukuli, bahkan diinjak. Sampai-sampai mengeluarkan kotoran manusia.
Aksi massa tak berhenti sampai disitu. Motor yang digunakan pelaku saat beraksi juga dibakar. Yamaha Mio DD 3650 AN itu ludes dilalap api. Yang tersisa tinggal rangka besinya.
Tim Resmob Unit Reskrim Polsek Ujung Pandang tiba di lokasi. Pelaku selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapat perawatan.
Kapolsek Ujung Pandang, AKP Ananda Fauzi Harahap, mengatakan pelaku mengalami pendarahan di bagian telinga dan kepala saat diamuk massa. ”Pelaku sempat diinterogasi. Dia mengaku hendak menjambret korban,” ujarnya, kemarin.
Terkait kasus ini, tambah Kapolsek, korban sudah dimintai keterangannya. Termasuk saksi-saksi yang berada di lokasi.
”Korban dan saksi-saksi sudah dimintai keterangan. Soal badik yang dibawa pelaku dan dipakai mengancam warga, masih dilakukan pencarian.Tapi berdasarkan pengakuan pelaku, ia tidak membawa badik. Kami masih telusuri dan berkoordinasi dengan polsek lain,” terang Kapolsek. (ish/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top