23 Desember Intensitas Hujan Tinggi – Berita Kota Makassar
Metro

23 Desember Intensitas Hujan Tinggi

MAKASSAR, BKM– Keinginan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto untuk melakukan pelantikan pejabat lingkup Pemkot Makassar di pulau pada Jumat (23/12) bakal mendapat hambatan cuaca.

Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Wilayah Makassar mengimbau kepada semua daerah di Sulsel untuk waspada menghadapi intensitas hujan yang tinggi di Desember bulan ini hingga Januari.
Khusus untuk area Kota Makassar satu minggu kedepan intensitas hujan akan tetap tinggi dan terjadi pada pagi dan sore hari. Warga-pun diminta untuk waspada bepergian.
Hal tersebut ditegaskan Prakirawan cuaca BMKG Sulsel, Estri Kristranti kepada BKM, Kamis (15/12).
Ia menambahkan, untuk area pesisir barat yaitu Takalar, Gowa, Makassar, Maros dan Pangkep intensitas hujan berada pada kategori sedang hingga lebat dan disertai dengan petir dan kilat. Intensitas hujan biasanya terjadi pagi dan sore hari.
Begitu pun dengan bagian utara seperti Luwu, Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur dan bagian Toraja intensitas hujan berada pada kategori sedang sampai lebat serta disertai dengan petir dan kilat, dan biasanya terjadi pada sore dan malam hari. Sedangkan untuk daerah pare-pare, sidrap, soppeng dan sekitarnya intensitas hujan berada pada kategori sedang namun idak berpotensi petir dan kilat. “Intensitas hujan akan terus terjadi satu minggu kedepan, Kalau untuk prakiraan cuaca menghadapi natal dan tahun baru kami belum bisa prediksikan, karena untuk prediksi curah hujan itu sendiri biasanya BMKG hanya bisa memprediksikan untuk 1 mingu ke depan,” kata Estri.
Estri juga menambahkan, BMKG menyediakan posko untuk masyarakat yang ingin mengetahui prakiraan cuaca pada bulan Desember sampai Januari dan khusus untuk perayaan natal dan tahun baru. Posko akan disediakan di depan kantor BMKG.
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyiapkan lokasi alternatif untuk pelantikan di pantai. Sebelumnya Danny akan melantik pejabat di antara tiga pulau yakni Pulau Barrang Caddi, Barrang Lompo dan Kodingareng.
“Kalau cuaca baik kita pelantikan di pulau dan alternatifnya di pantai. Kita melakukan pelantikan di pulau bagaimana pemerintah juga memperhatikan warga di pulau,” ujarnya.
Menjelang pelantikan Danny menggelar rapat bersama dengan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di ruang kerjanya yang berada di kantor Balai Kota Makassar, pada Rabu (14/12) lalu.
Rapat yang mulai digelar sejak pukul 14:30 wita sampai dengan pukul 17:00 wita yang dihadiri sejumlah pimpinan SKPD dilakukan secara tertutup.
Danny menjelaskan jika rapat yang digelar hanya mengimbau seluruh pejabat untuk lebih aktif membuat, serta menjalankan program pemerintah kota menjadikan Makassar sebagai kota dunia. Bukan hanya itu, membentuk Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam sistem kinerja juga ditekankan kepada seluruh pejabatnya. “Bagian drainase, mereka harus berfikir standar apa yang harus mereka capai,” ucapnya. (arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top