Warga Dusun Aung tidak Nikmati Listrik – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Warga Dusun Aung tidak Nikmati Listrik

JENEPONTO, BKM — Selama 71 tahun Indonesia merdeka, namun warga Dusun Aung, Desa Mangepong, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto, belum merasakan arti kemerdekaan itu. Pasalnya, hingga kini mereka belum juga menikmati fasilitas penerangan listrik.
Seperti disampaikan Kepala Dusun Aung, Marzuki, kepada BKM di kantornya akhir pekan lalu, di dusun yang dipimpinnya dihuni sedikitnya 112 kepala keluarga (KK). Untuk menikmati pencahayaan, kata Marzuki, warga terpaksa menggunakan lampu minyak tanah.
”Namun karena minyak tanah sangat langka, sehingga warga kami terpaksa beralih menggunakan minyak solar. Sehingga asap mengepul mengisi ruang rumah. Akibatnya, warga jadi sesak nafas dan anak-anak sulit belajar,” kata Marzuki seraya menyaksikan penurunan sejumlah tiang listrik beton dari sebuah mobil tronton.
Sedangkan Kepala Desa Mangepong, Syafaruddin, mengatakan, apa yang dikeluhkan warganya sangat dimaklumi. Namun sebentar lagi mereka akan menikmati penerangan listrik. ”Seperti yang kita saksikan hari ini, sudah datang puluhan tiang listrik guna mendukung ketersediaan listrik di Dusun Aung ini. Ini berkat kegigihan kami memperjuangkan hak-hak warga guna mendapatkan penerangan listrik. Semoga tidak lama lagi mereka akan menikmati aliran listrik seperti di kampung lainnya yang ada di Kabupaten Jeneponto. Terimakasih kepada Kepala Ranting PLN Jeneponto, H Suwardi Karaeng Kio yang telah membantu kami sehingga nantinya penerangan listrik dapat dirasakan masyarakat khususnya di Dusun Aung,” tutur Syafaruddin.
Kepala Ranting PLN Cabang Jeneponto, H Suwardi, mengatakan, sebentar lagi warga Dusun Aung Desa Mangepong Kecamatan Turatea sudah akan menikmati penerangan listrik. Karena tiang beton sudah ada di lokasi. Itu tinggal dipasang saja jaringannya.
”Selama menjabat Kepala Ranting PLN Jeneponto satu setengah tahun, kami mengusahakan agar seluruh kampung yang ada di Jeneponto sudah mendapatkan atau menikmati penerangan listrik,” ujarnya. (krk/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top