Berita Kota Makassar | Pilkades Berbau Pilbup 13 Desa di Sinjai, 53 di Gowa
Politik

Pilkades Berbau Pilbup 13 Desa di Sinjai, 53 di Gowa

SINJAI, BKM–Pemilihan bupati (Pilbup) setidaknya juga berpengaruh pada pemilihan kepala desa (Pilkades) didaerah. Hasil Pilbup 2015 lalu setidaknya akan dimanfaatkan tim sukses untuk ikut membangun basis didesa dengan maju sebagai calon kepala desa. Demikian pula jelang Pilbup 2018 mendatang, Pilkada yang akan digelar 15 Desember hari ini juga sangat menentukan kepala daerah yang akan datang.
Di kabupaten Sinjai, sebanyak 13 Desa akan menggelar Pilkades hari ini. Bahkan berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah kabupaten untuk acara Pilkades serentak, antara lain pendistribusian kotak suara, surat suara dan bilik suara dengan pengawalan ketat Petugas Satpol PP, TNI dan Kepolisian.
Kepala Bagian Pemerintahan Desa, Sekretariat Daerah Kabupaten Sinjai, Andi Yusran Maddolangeng mengatakan bahwa hari ini kotak suara dan kertas suara serta bilik suara sudah distribusikan ke Desa-desa yang akan menggelar Pilkades dengan pengawalan ketat dari TNI, Kepolisian dan Satpol PP.
“Dan setelah sampai di Desa masing-masing yang akan menggelar Pilkades, Kotak suara ini tidak boleh di simpan di Rumah Penduduk, dan kalau tidak ada sekretariat Panitia Pilkades maka harus disimpan di Kantor Desa. Adapun pada pemilihan besok, petugas keamanan tidak boleh masuk kedalam tempat pemungutan suara,”ujarnya
Sementara, Kasatpol PP Agung Budi Prayogo mengatakan bahwa jumlah personil yang akan mengamankan pemilihan kepala Desa yang akan digelar besok sebanyak 78 Personil.
“Ini terdiri dari 26 Anggota Satpol PP, 26 dari TNI dan dari Kepolisian sebanyak 26 orang. Artinya 2 orang Satpol PP, TNI dan Kepolisian dalam satu Desa,”ujarnya
Diketahui beberapa desa di Kabupaten Sinjai yang akan menggelar Pilkades antara lain, Desa Samaturue, Desa Massaile, Desa Terasa, Desa Gantarang, Desa Gareccing, Desa Bonto Tengga, Desa Bongki Lengkese, Desa Salohe, Desa Tongke-Tongke, Desa Alenangka, Desa Lappacinrana, Desa Pattongko dan Desa Bonto Katute.
Di Kabupaten Gowa, Pilkades digelar di 53 Desa, ketua tim kabupaten Muhammad Asrul mengemukakan semua logistik Pilkades telah tiba di kantor Desa dan telah didistribusi oleh petugas P4KD. (din/rif/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top