Menteri Agraria Serahkan 2.500 Sertipikat – Berita Kota Makassar
Politik

Menteri Agraria Serahkan 2.500 Sertipikat

MAMUJU, BKM — Kementerian Agraria menyerahkan sebanyak 2.500 sertipikat kepada masyarakat Sulbar. Penyerahan tersebut dilakukan di sela-sela acara peresmian sejumlah pembangunan infrastruktur yang telah dilaksanakan Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh selama kepemimpinannya. Peresmian tersebut dilakukan Wakil Presiden, HM Jusuf Kalla, pada akhir pekan lalu.
Menteri Agraria, Sofyan Jalil, mengatakan, penyerahan sertipikat secara simbolis kepada masyarakat dari enam kabupaten di Provinsi Sulbar, sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat untuk memberikan kejelasan hukum pada status kepemilikan tanahnya. Sehingga dampak masalah konflik sosial juga akan mampu teredam.
Sofyan Jalil mengakui, lambannya proses pengurusan dan penyelesaian sertipikat tanah di seluruh kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang ada di Indonesia, termasuk juga di Sulbar, lantaran terjadinya kekurangan tenaga juru ukur di seluruh Indonesia. ”Jadi kendala BPN selama ini adalah kurangnya pegawai juru ukur,” katanya.
Untuk itu, tambah Sofyan, kementerian agraria akan melakukan kerjasama dengan membentuk lembaga independen di seluruh Indonesia untuk menangani juru ukur tanah. Nantinya, lembaga independen inilah yang akan membantu menangani masalah proses juru ukur. Langkah ini dilakukan adalah untuk membantu percepatan proses mendapatkan sertipikat tanah.
”Begitu pula dengan masalah biaya BPHTB yang selama ini menjadi beban bagi masyarakat untuk mendapatkan sertipikat, maka jangan dibebankan kepada masyarakat. Jika pemerintah daerah akan memberikan secara gratis untuk biaya BPHTB kepada setiap masyarakat yang akan mengurus sertipikatnya, maka pasti masyarakat akan merasa terbantu,” katanya. (ala/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top