KPU Diinjeksi Hibah Rp 1,5 M dari Pemkab Gowa – Berita Kota Makassar
Politik

KPU Diinjeksi Hibah Rp 1,5 M dari Pemkab Gowa

BKM/SAR SOSIALISASI--(Dari kanan) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel Ikbal Latif, Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi dan Adi Suryadi Culla menjadi narasumber dalam sosialisasi UU Nomor 1 tahun 2016 tentang Pilgub yang digelar KPU Gowa, Rabu (14/12).

GOWA, BKM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa kini memulai tahapan persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan dihelat pada 2017-2018 mendatang. Langkah awal yang dilakukan KPU adalah melakukan sosialisasi perundang-undangan tentang Pilgub-wagub tersebut yang berlangsung dua hari di Grand Town Ballroom Hotel, Jl Pengayoman, Makassar, Rabu (14/12) pukul 10.00 Wita.
Sosialisasi terkait UU No 10 tahun 2016 tentang Pilgub-wagub ini dibuka Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dihadiri Ketua KPU Sulsel, Ikbal Latif, Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi serta diikuti 75 peserta dari LSM, ormas dan media untuk hari pertama, dan 75 peserta meliputi kepala desa, lurah dan pemilih pemula untuk hari kedua.
Ketua KPU Gowa, Zainal Ruma mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan mengingat adanya beberapa hal yang fundamental di peraturan KPU. “Aturan sebelumnya, PPK, PPS dan KPPS atas rekomendasi camat dan lurah. Tapi di regulasi baru ini PPK, PPS dan KPPS diseleksi secara terbuka dengan melihat integritas dari para calon,” terang Zainal.
Dalam kesempatan itu pula, Zainal menyampaikan terima kasih atas bantuan hibah yang digelontorkan untuk operasional KPU jelang persiapan Pilgub pada APBD Gowa tahun 2017 sebesar Rp 1,5 miliar.
Hibah yang menjadi injeksi bagi kinerja KPU Gowa ini menjadi satu motivator bagi KPU Gowa untuk menjalankan tugas dan fungsinya agar lebih baik lagi. “KPU berterima kasih kepada Pemkab Gowa atas sumbangan dana hibah sebesar 1,5 milyar rupiah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas KPU di Kabupaten Gowa,” kata Zainal.
Bupati Gowa, Adnan Purichta tak lupa menyampaikan bila Kabupaten Gowa harus menjadi pioner percontohan pelaksanaan Pilgub-wagub mendatang. “Gowa harus jadi contoh pelaksanaan Pilgub terbaik untuk Sulsel nanti. Dan siapapun nanti yang terpilih sebagai gubernur-wakil gubernur tidak masalah yang jelas visi misinya untuk kemakmuran seluruh kabupaten di Sulsel khususnya Gowa. Mari kita tunjukkan bahwa Pilgub di Sulsel menjadi contoh pemilihan terbaik di Indonesia,” ajak bupati.
Sosialisasi UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang.
Sosialisasi juga menghadirkan akademisi Unhas Dr Suryadi Culla dengan moderator Muhtar Muis dari Divisi Data dan Informasi KPU Gowa. (sar/rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top