Kerugian Peternak Rp 8 Juta Sehari – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Kerugian Peternak Rp 8 Juta Sehari

SIDRAP, BKM — Peternak ayam ras di Desa Allakuang, Sidrap, resah. Pasalnya, produksi telur ayam ras mereka kian hari terus menurun dratis.

Ironisnya, meski kondisi itu sudah terjadi kurang lebih selama sebulan, namun hingga kini belum diketahui apa penyebabnya. Kalangan peternak pun mencurigai ada penyakit aneh yang menyerang ayam ras peliharaan mereka.
Akibat penyakit aneh itu, peternak ayam ras di Desa Allakuang mengaku merugi hingga ratusan juta perhari. “Saya saja merugi Rp8 juta perhari, itu hanya sekitar 40 ribu ekor ayam ras saja,” keluh salah seorang peternak, H Jama, Rabu, (14/12).
Menurutnya, hampir semua peternak ayam ras di Desa Allakuang mengalami keluhan yang sama. Total populasi ayam ras di desa itu mencapai 1 juta ekor.
Kepala Bidang Peternakan, Dinas Peternakan dan Perikanan Sidrap, H Sadalia, mengaku sudah mengetahui fenomena langka itu. Dia mengaku telah menerjunkan tim kesehatan hewan, dipimpin drh Emy untuk mendiagnosa ayam-ayam ras di desa itu.
Hasilnya, tidak ditemukan gejala ayam-ayam ras itu dijangkiti penyakit yang biasanya memengaruhi turunnya produksi telur ayam ras.
“Tim kami tidak menemukan gejala penyakit, seperti ND, AI, AE, virus, IB Myoplasma gallisepticum, maupun Paramyxoviruses lainnya yang menyerangnya,” ujar H Sadalia.
Pihaknya berjanji akan berupaya membantu peternak mengatasi problem itu, “Kita akan datangkan tim dari Balai Besar Veteriner Maros,” janji H Sadalia. (ady/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top