Politik

Kapal Golkar Bisa Pecah

PARTAI Golkar di Sulsel diibaratkan sebuah kapal yang kembali bisa pecah jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017 lalu dimana Ketua Golkar HM Amin Syam maju sebagai calon Gubernur berpasangan dengan Prof Mansyur Ramli, sementara sekretaris Golkar Sulsel Agus Arifin Nu’mang juga maju mendampingi Syahrul Yasin Limpo sebagai Calon Wakil Gubernur.
Praktis kapal Golkar beserta isinya juga ikut terbelah, separuh ke Amin Syam dan separuh lagi ke Syahrul dan Agus.
Jelang Pilgub 2018 mendatang, kapal Golkar tak bisa terhidar dari potensi pecah, bilamana tiga kader Golkar juga akan ikut bertarung yakni HAM Nurdin Halid (NH), Ichsan Yasin Limpo serta Agus Arifin Nu’mang. “Kalau pak Nurdin maju, maka akan terjadi pertarungan Golkar dengan Golkar. Pak Nurdin dengan pak Ichsan atau pak Agus dengan Ichsan,”ujar Dosen politik UIN Alauddin Firdaus Muhammad.
Yang paling susah adalah pak Agus lantaran harus maju sebagai 01 dan tidak boleh untuk 02 yang ketiga kalinya, namun yang paling kecil untuk mau jadi 02 adalah pak Ichsan. “Kalau pak Ichsan paling kecil peluangnya maju untuk posisi 02″jelas Firdaus.
NH tinggal selangkah lagi mendapat rekomendasi Golkar yang mengontrol 18 kursi diparlemen, setelah ketua umum DPP Golkar Setya Novanto (Setnov) memberi lampu hijau. “Saya sudah mulai melihat kejayaan Golkar yang luar biasa ditangan pak Nurdin Halid. Pak Nurdin dengar itu, mulai sekarang harus turun sosialisasi untuk maju di Pilgub,”tegas Setnov saat memberikan sambutan di Wajo beberapa waktu lalu.
Kini sudah ada enam bupati dan wali kota yang siap mendukung NH di Pilgub yakni Fashar Pajalangi di Bone, Andi Kaswadi di Soppeng, Burhanuddin Unru di Wajo, Syamsuddin Hamid di Pangkep, Iksan Iskandar di Jeneponto dan Taufan Pawe di Parepare.
Adapun Ichsan Yasin Limpo lebih berpeluang diusung Partai Nasdem, PAN, PPP. Sementara Gerindra dan PKS sangat ditentukan elit di DPP.
Sementara itu, Agus AN lebih berpeluang diusung Partai Hanura, PDIP, PKB, PKPI dan PBB.
Peneliti dari Citra Komunikasi (Cikom), sebuah lembaga dibawah bendera PT LSI, Wiliady mengaku Agus lebih berpeluang menang jika menggandeng Nurdin Abdullah. “Hasil survei geopolitik menempatkan pasangan Cagub dari Bugis berpasangan dengan Cawagub Makassar unggul 67 persen,”ujar Wiliady. (rif)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top