Busana Syar’i Kian Bersinar – Berita Kota Makassar
Headline

Busana Syar’i Kian Bersinar

TREN busana muslim dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan. Sejatinya, mengacu pada unsur syar’i atau ketentuan jika berhijab harus menutup aurat secara paripurna sesuai ketentuan. Namun, wanita selalu ingin terlihat tampil cantik dan menarik. Sehingga, mode berbusana muslim terus berubah dari waktu ke waktu.

Laporan: Rahmawati Amri

ANDI Anti Aka, founder dan Ketua Jameela Hijab Community punya pandangan tentang hijab. Jika diamati, kata dia, dulu wanita berkerudung cenderung sangat monoton dengan gaya yang itu-itu saja.
Namun kini, dengan semakin tingginya kesadaran wanita muslim untuk berhijb, perkembangan mode busana muslimah sangat pesat. Banyak desainer-desainer muda yang bermunculan. Dan dengan kreatifitasnya, mereka membuat perkembangan busana muslim menjadi luar biasa.
Wanita cantik ini mengaku, tidak bisa dipungkiri jika terjadi pengkotak-kotakan dalam perkembangan busana muslim. Dapat dilihat sekarang, muncul tren busana yang casual kekinian namun sopan dan menutup aurat.
Celana kulot (tidak ketat) dipadu dengan atasan santai berbahan ringan seperti kaos, katun, dan silk yang lebih cenderung ke warna-warna pastel, putih dan army. Sangat apik dikenakan dengan sepatu kets santai. Tren busana seperti itu diperkirakan masih akan bertahan tahun depan dan banyak diminati oleh perempuan yang aktif.
Tren busana lain adalah padu padan outer panjang dan jilbab yang tidak terlalu ribet penggunaannya.
Dia menekankan, tren 2017 akan lebih banyak main di motif polos untuk tipe casualnya.
Sedangkan untuk yang lebih Islami dan syar’i lagi, tetap masih diminati. Gaya busana syar’i sendiri sudah sangat pesat perkembangannya sejak dua tahun terakhir. Pasar busana syar’i cenderung mengalami kenaikan yang sangat signifikan, seiring dengan pesatnya keinginan para wanita dalam mencari ilmu agama yang benar.
”Awalnya, busana syar’i berkiblat pada busana orang-orang di negeri Arab dengan warna hitam yang mendominasi. Sekarang, boleh berbangga hati orang Indonesia yang full of creativity. Berpikir bagaimana membuat busana syar’i itu juga menarik. Tetap cantik, elegan tanpa harus mengubah kaidah yang diharuskan,” jelasnya.
Dia melanjutkan, tren busana syar’i 2017 cenderung akan lebih banyak bermain di model jilbabnya. Karena bagian dalam cenderung tidak terlalu terlihat.
“Lebih ke warna-warna muda pastel dan warna gelap. Menghindar dari warna-warna terang yang mencolok. Masih bermain di motif polos dan juga bunga-bunga,” bebernya.
Dengan perkembangan teknologi, tambahnya, dia melihat akan banyak bahan yang didesain dengan motif unik lalu diprint.
Sementara untuk acara formal sendiri, akan banyak menggunakan bahan baby silk yang dikombinasikan dengan lace. Sedikit tambahan payet untuk memberi kesan mewah.
“Saya rasa itu saja ulasan saya mengenai trend hijab 2017. Kembali lagi kalau saya boleh memberi saran, apapun yang kita pakai, utamakanlah kenyamanan. Ketika nyaman, maka kita akan percaya diri. Sehingga apapun yang dikenakan akan terlihat cantik. Dan secantik cantik wanita, adalah wanita yang bisa menjaga auratnya,” pungkas Andi Anti. (*/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top