Adnan Canangkan Gerakan Gemar Membaca – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Adnan Canangkan Gerakan Gemar Membaca

BKM/SAR SURAT -- Para murid SD peserta lomba pembuatan surat bertajuk pendidikan ke bupati Gowa, kemarin.

GOWA, BKM — Pemerintah Kabupaten Gowa akan memproklamirkan daerahnya sebagai Kabupaten Pendidikan Pertama di Provinsi Sulawesi Selatan. Rencana itupun ditandai dengan pencanangan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Senin siang (12/12).
Rangkaian pencanangan GIM ini berlangsung selama tiga hari dan berakhir pada Rabu (14/12). Penutupannya dirangkaikan dengan kegiatan lomba menulis surat untuk bupati Gowa bertajuk pendidikan. Lomba ini diikuti ratusan murid sekolah dasar (SD) di wilayah Kecamatan Bontonompo dan sekitarnya.
”Berbagai program pendidikan telah dilakukan di Kabupaten Gowa mulai dari pendidikan gratis, SKTB, program investasi sumber daya manusia seperempat abad hingga Imtaq Indonesia. Semua program ini akan terus disempurnakan pelaksanaannya agar terwujud sumber daya manusia berkualitas dan memiliki karakter yang baik,” kata Adnan saat mencanangkan GIM tersebut di lapangan Syekh Yusuf Diacovery Sungguminasa.
Adnan mengatakan, pencanangan GIM ini merupakan salah satu strategi untuk mendorong masyarakat agar gemar membaca. ”Gerakan gemar membaca ini tentunya memerlukan sinergitas kerjasama dari semua unsur pemerintah lintas sektoral, lembaga swasta dan masyarakat agar strategi ini dapat terus berkesinambungan pelaksanaannya sehingga terwujud masyarakat yang memiliki budaya membaca,” jelas Adnan.
Pencanangan GIM ini dihadiri Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulsel, H Muh Sidik Salam, perwakilan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI serta Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan sekaligus Bunda PAUD Gowa. Acara ini dirangkaikan penganugerahan penghargaan kepada empat orang tokoh pendidik dan budayawan Kabupaten Gowa, yakni H Ichsan YL sebagai motivator pendidikan, H Mallingkai Maknun sebagai tokoh budayawan, H Abbas Alauddin sebagai tokoh pendidikan, dan H Zainuddin Tika sebagai tokoh penggiat literasi.
Setelah pencanangan, gerakan GIM ini dilanjut dengan aksi launching kampung literasi Denassa di Rumah Hijau Denassa (RHD) yang terletak di Kelurahan Tamalayyang, Kecamatan Bontonompo oleh Sekkab Gowa, H Muchlis yang dihadiri sejumlah tokoh literasi serta warga sebagai subjek kampung literasi tersebut.
Dalam launching tersebut, H Ismail, Kabid Pendidikan Non Formal dan Prasekolah Dinas Dikorda Gowa, mengatakan, kegiatan ini menjadi motivator dalam menggerakkan minat baca bagi warga. Bukan hanya pada warga yang masih kaku mengenal huruf, tapi juga warga yang sudah tahu membaca.
Sementara menurut Sekkab Gowa, H Muchlis, pada 10 tahun yang akan datang Gowa harus tampil sejajar dan termaju di Indonesia. Terutama dalam hal ini daerah dengan tingkat gemar membacanya tinggi. ”Kita akan bentuk kampung literasi di setiap sekolah. Pemkab juga meminta untuk memasukkan dalam program kampung literasi lebih banyak. Bahkan disiapkan anggaran dalam APBD ataupun CSR,” kata Sekkab.
Dalam rangkaiannya selain dilakukan lomba menulis surta untuk bupati, ratusan murid TK dan SD juga mengambil bagian dalam lomba mewarnai gambar yang disiapkan panitia pada hari kedua launching di kampung literasi RHD tersebut. (sar/mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top