Sulselbar

Plt Sekkab Dijabat Tersangka

Alexander Pantan Rante Allo

MAKALE, BKM — Kursi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tana Toraja yang ditinggal Enos Karoma yang masuk purna bakti akhir November lalu kini sudah terisi. Sayangnya, pejabat yang ditunjuk Bupati Nicodemus Biringkanae yakni Kepala Bappeda Dr Yunus Sirante saat ini berstatus tersangka.
Penunjukan Yunus mengundang banyak tanda dari sejumlah pihak terutama dari gedung parlemen. Yunus adalah salah satu tersangka kasus Bandara Mengkendek dan telah menjalani masa tahanan kurang lebih 4 bulan di Polda Sulsel beberapa waktu lalu.
Legislator Demokrat Alexander Panta Rante Allo kepada BKM, Selasa (13/12) mengakui harusnya bupati membebas tugaskan Yunus dari jabatannya sebab kasus bandara sudah diserahkan ke KPK oeh Polda Sulsel.
”Sangat disayangkan keputusan bupati menunjuk pejabat berstatus tersangka selaku Plt Sekkab. Padahal masih banyak pejabat lain yang layak dan tidak tersandung proses hukum,” ujar Alexander.
Hal sama juga terjadi di Dinas Tata Ruang yang kini dijabat YD Pamara. YD Pamara bukan bidangnya. ”Ada apa dibalik ini semua,” tambahnya.
Terpisah Wabup Victor Datuan Batara dikofirmasi tidak menampik kekosongan kursi Sekkab karena itu pengisian jabatan tersebut siapa saja boleh sepanjang memenuhi syarat karena akan dilelang terbuka.
Sebelumnya jelas Victor, pihaknya telah menyiapkan empat nama untuk pejabat definitif yakni Samuel Rura (mantan Sekkab) Yahukimo Papua, Yunus Sirante, Haris Paridi (mantan Plt Dinas PU dan Agustinus Appang (Kadisnaker Provinsi Sulsel).
Meskipun empat nama tersebut telah memenuhi syarat, namun tidak menutup kemungkinan pejabat lain telah berpangkat IV B boleh ikut tes lelang jabatan dilaksanakan STIA LAN Makassar.
Diakui Victor Datuan, hasil tes calon Sekkab sesuai urutannya tetap diserahkan ke bupati untuk dieksekusi dan dilandasi berbagai pertimbangan selain mampu kerjasama, juga loyalitas dan kompetensi serta prestasi (gus).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top