Acara Baru Dimulai, Telur Hias Sudah Diperebutkan – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Acara Baru Dimulai, Telur Hias Sudah Diperebutkan

BKM/SAR RIUH- Suasana rebutan telur hias Maudu Adaka di lapangan Syekh Yusuf Discovery Gowa kemarin.

GOWA, BKM — Tradisi rebutan telur hias Kanre Maudu dalam peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang dikemas dalam Maudu Adaka ri Gowa berlangsung meriah, Senin (12/12) sekitar pukul 10.00 Wita, di lapangan Syekh Yusuf Discovery Sungguminasa.
Aksi rebutan telur hias sudah dilakukan warga meski acara seremoni baru saja memasuki pembacaan ayat suci Al Qur’an. Rebutan telur itu didominasi anak-ana, ibu rumahtangga, hingga lakilaki dewasa. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama para tamu hanya tersenyum menyaksikan ulah warga ini. Pihak panitia sendiri menyiapkan dua bakul raksasa berukuran diameter 2 meter kali 3 meter yang telah dibuat di depan tribun undangan.
Dua bakul raksasa berisi 20 ribu butir telur warna warni dan 10 ton beras itu memang disiapkan khusus masyarakat kurang mampu. Banyaknya warga yang berebut sehingga hanya dalam tempo sekejap bakul raksasa itu langsung porak poranda dan hanya menyisakan rangka bambu.
Peserta festival Kanre Maudu Adaka yang jatuh pada 12 Rabbiulawal 1438 Hijriyah ini diikuti 18 kecamatan, SKPD serta BUMD, instansi swasta serta organisasi di Gowa. Hadir dalam acara Maudu Adaka ini, gubernur Sulsel diwakili Asisten IV Setkab Sulsel, H Sidik Salam, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Muspida, serta para pimpinan SKPD dan para camat, lurah serta kepala desa, kepala lingkungan dan kepala dusun.
Kecamatan yang meraih juara lomba hias kanre Maudu, masing-masing juara pertama Kecamatan Pallangga disusul Kecamatan Somba Opu dan Pattallassang sebagai juara dua dan tiga. Sedangkan juara harapan I, II, III yakni Kecamatan Biringbulu, Tompobulu, dan Kecamatan Bajeng.
Untuk kategori SKPD, juara I, ll, lll diraih Dinas Pendidikan Olahraga dan Pemuda, PDAM serta Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa. Sedangkan juara harapan l, ll, lll diraih Dinas Pertanian, Sekretariat Daerah, dan Dinas Pekerjaan Umum. Sementara untuk kategori ormas/parpol/BUMN diraih Kotak Punggawa.
KH Muhammad Rusdi yang terkenal dengan sebutan Jaka Gledek yang juga adalah Direktur Harian Pondok Pesantren Ibadurrahman Cipondo, Tangerang, berkesempatan menyampaikan tausyiahnya.
Kadis Sosnakertrans Gowa, H Syamsuddin Bidol, menjelaskan, kegiatan tahunan ini sebagai sarana silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat. Dalam acara Maudu Adaka ini mencerminkan aktivitas setahun masyarakat Gowa yang dilambangkan dan diwujudkan dalam bentuk Baku’ Maudu’ Kaddo Hallala yang berisi hasil bumi masyarakat Kabupaten Gowa dari setiap desa atau kelurahan dan kecamatan se Kabupaten Gowa.
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, pada kesempatan tersebut mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan dapat mendorong perbaikan akhlak dan moral masyarakat Kabupaten Gowa. Yakni dengan cara meneladani segala aspek perilaku dan kehidupan beliau dalam kehidupan keluarga dan rumahtangga maupun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (sar/mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top