NH Tunggu Dukungan 14 Bupati Golkar – Berita Kota Makassar
Politik

NH Tunggu Dukungan 14 Bupati Golkar

MAKASSAR, BKM–Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulsel transisi HAM Nurdin Halid (NH) masih butuh waktu untuk memutuskan apakah akan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang atau tidak. NH bahkan masih melakukan konsolidasi internal Golkar hingga April 2017 mendatang.
Salah satu target konsolidasi NH yakni merampungkan seluruh tahapan Musyawarah daerah (Musda) dan menggalang para kepala daerah atau wakil kepala daerah untuk menjadi ketua Golkar di kabupaten kota.
Jika target 14 Kepala daerah adalah kader Golkar dan memberikan rekomendasi dukungan ke NH untuk maju di Pilgub, maka barulah ketua harian DPP Golkar ini menyatakan kesiapannya ikut bertarung di Pilgub nanti.
Saat ini sedikitnya 9 bupati yang merupakan kader Golkar yakni Adnan Purichta Ichsan di Kabupaten Gowa, Burhanuddin Baharuddin di Takalar, Iksan Iskandar di Jeneponto, Andi Fashar Pajalangi di Bone, Burhanuddin Unru di Wajo, Andi Kaswadi Razak di Soppeng, Syamsuddin Hamid di Pangkep, Taufan Pawe di Parepare dan Andi Mudzakkar di Luwu.
Sementara enam daerah lain yang menjadi target Golkar yakni Makassar yang dipimpin Mohammad Ramdhan Danny Pomanto, Selayar yang dipimpin Basli Ali, Barru yang dipimpin Plt Suardi Saleh, Enrekang yang dipimpin Muslimin Bando, Lutim yang dipimpin Toriq Husler dan Luwu Utara yang dipimpin Indah Putri Indriyani.
“Kita target minimal 14 Kepala Daerah di Sulsel harus bergabung di Golkar,”ujar Wakil bendahara Golkar Sulsel Jumat (9/12).
Rusdin Abdullah mengemukakan bila saat ini sudah ada beberapa rekomendasi dukungan kepada NH untuk maju di Pilgub nanti, namun idealnya dibutuhkan lebih dari separuh kabupaten kota yang mengeluarkan rekomendasi dukungan. “Kita butuh lebih dari separuh atau 14 kepala daerah yang juga kader Golkar,”jelasa Rusdin yang juga mantan calon Wali Kota Makassar ini.
Pemerhati politik dari Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir mengemukakan bahwa bilamana NH berhasil menggolkarkan sedikitnya 14 Kepala daerah, maka hal itu merupakan kekuatan yang sangat besar jelang Pilgub. “Tentu akan menjadi kekuatan yang sangat besar, apalagi saat ini NH sudah sangat populer ditambah jaringan dan finansial yang cukup besar,”ujar Suwadi, Jumat (9/12)
Suwadi menambahkan NH akan mendapat tantangan dari Nurdin Abdullah yang sejak awal telah populer lantaran banyak menuai prestasi dari sebuah pencitraan yang positif. “Sementara Ichsan dan merupakan kuda hitam. Ichsan yang merupakan adik kandung Gubernur Syahrul Yasin Limpo tentu harus berjuang mendapatkan restu dari elit partai di jakarta. Adapun Agus Arifin Nu’mang meski menjabat Wagub dua periode, menurut Suwadi tetap butuh kerja keras untuk membangun koalisi partai,”pungkasnya. (rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top