Sulselbar

Pemprov Tanam 2.500 Batang Pohon

MAMUJU, BKM — Gerakan penanaman pohon Indonesia tingkat Provinsi Sulbar berlangsung di areal wilayah jalan arteri Mamuju. Kegiatan ini dibuka Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Ismail Zainuddin, Rabu (7/12). Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulbar, Fahruddin, ketika ditemui BKM di lokasi penanaman pohon, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Provinsi Sulbar.
”Namun pelaksanaan secara simbolis dipusatkan di Kabupaten Mamuju. Kegiatan gerakan penanaman pohon ini dilaksanakan bertujuan untuk penghijauan. Sekaligus juga dapat mencegah pemanasan bumi baik di Indonesia maupun dunia,” kata Fahruddin.
Fahruddin menjelaskan, gerakan penanaman pohon ini telah dilaksanakan pada tahun 2015 di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng). Sedangkan untuk tahun 2016 ini dipusatkan di Kabupaten Mamuju. Sebanyak 2.500 batang pohon dengan berbagai jenis, yakni kayu mahoni, pohon mangga, kayu gelodokan, kayu uru, kayu nyato, dan kayu Afrika ditanam diberbagai titik, di antaranya di kompleks perkantoran gubernur Sulbar.
Sementara itu, Sekprov Sulbar, Ismai Zainuddin pada kesempatan tersebut mengatakan, pelaksanaan gerakan penanaman pohon yang telah dilaksanakan ini, bertujuan untuk memberikan penghijauan. Sekaligus membantu pencegahan terjadinya pemanasan bumi. Sekprov berharap agar gerakan menanam pohon ini dapat ditindaklanjuti dengan menjaga dan memelihara pada pohon yang telah ditanam ini.
”Tanpa ada tanggung jawab dalam memelihara dan menjaga pada pohon yang telah ditanam ini, maka itu juga menjadi sebuah masalah. Keberhasilannya tidak akan kita dapatkan. Tetapi jika pohon yang kita tanam baik yang sebelumnya maupun sekarang ini kita jaga dan pelihara, maka pasti akan tumbuh secara baik,” paparnya. (ala/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top