Berita Kota Makassar | Jelang Maulid dan Natal, Harga Sembako Naik
Metro

Jelang Maulid dan Natal, Harga Sembako Naik

MAKASSAR, BKM– Jelan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan Natal, sejumlah kebutuhan pokok mulai merangkak naik.
Seperti yang terjadi di Pasar Terong, beberapa jenis kebutuhan pokok seperti telur, bawang merah mengalami kenaikan.
Dari pantauan BKM di Pasar Terong, Rabu (7/12), harga telur perbutir sebelumnya hanya Rp1.100 menjadi Rp1.200. Begitu juga dengan harga per rak yakni dari yang ukuran kecil dengan harga Rp30 ribu naik menjadi Rp33 ribu dan ukuran besar dari harga Rp37 ribu menjadi Rp39 ribu.
Untuk bawang merah, kenaikannya mencapai Rp4 ribu perkilo dari harga Rp45 ribu naik menjadi Rp50 ribu. Untuk barang jenis lain masih bertahan dengan harga normal.
Penyebab kebaikan tersebut harga telur yakni adanya permintaan yang cukup besar bukan ini untuk keperluan Maulid Nabi Muhammad. “Naikki karena jelang Maulid,” kata Adi, pedagang sembako di Pasar Terong.
Sementara untuk bawang merah dipengaruhi oleh cuaca, dimana transportasi untuk impor sering mengalami kendala. “Naik karena musim hujan. Pengiriman selalu terhambat,” jelas Indah, salah seorang pedagang di Pasar Terong.
Bukan hanya itu, jelas Indah, kenaikan harga bawang tersebut juga dipengaruhi jelang perayaan Natal dan tahun baru mendatang. ” Ini juga karena dekatmi Natal dan tahun baru jadi banyak kebutuhan masyarakat. Begitu ji setiap tahun,” jelasnya.
Menyikapi kenaikan kebutuhan pokok, Kasie Tata Niaga, Disperindag Kota Makassar, Andi Rasmiati membenarkan, jika saat ini dua jenis komoditi di pasar mengalami kenaikan harga. Yakni harga cabai dan harga telur. Kenaikan harga tersebut dipengaruhi dua momen yakni peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan Natal. “Iya ada kenaikan harga cabai dan telur. Dari pemantauan di pasar tradisional kenaikan harga tidak siknifikan. Dan kemungkinan harga tersebut terus meningkat hingga akhir tahun,” tegasnya.
Ia mengatakan, harga cabai saat ini, Cabe kriting Rp 35 ribu per kg, cabe besar Rp40 ribu per kg, cabe kecil rawit Rp20 ribu sampai Rp28 ribu per kilo. Sedangkan harga telur bervariatif mulai mulai Rp33 ribu per rak, hingga Rp40 ribu per rak (ukuran jumbo).
“Dari pemantauan persediaan kedua komoditi itu masih banyak. Jadi kemungkinan karena momen Maulid dan Natal saja,” katanya.(man-ucu/war/b)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top