Berita Kota Makassar | Danny Pasang Nama Pahlawan di Pedestrian
Metro

Danny Pasang Nama Pahlawan di Pedestrian

MAKASSAR, BKM– Menghargai jasa-jasa para pahlawan, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto memberikan penghargaan kepada pahlawan dengan memasang nama-nama mereka di Pedestrian Bundaratta di Jalan Penghibur.

Selain nama pahlawan rencananya nama-nama tokoh tokoh yang telah membangun Kota Makassar juga akan diabadikan di pedestrian jalan sebagai bentuk penghargaan.
Menurut Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, rencana membuat pedestrian di Kota Makassar dengan menuliskan nama-nama tokoh pahlawan di lantai batu circle bukanlah hal yang baru. Di luar negeri seperti di Amerika yang merupakan negara maju, Danny sapaan akrab wali kota melihat banyak nama-nama tokoh dituliskan di lantai pedestrian.
“Di Amerika semua nama tokoh terkenal tertulis di lantai pedestrian. Hal ini tidak lepas dari sejarah yang mereka ukir. Sejarah harus kita ketahui, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis, tanpa adanya sejarah kita tidak punya masa depan,” tegas Danny melalui pesan singkatnya, Rabu (7/12).
Hal yang sama juga dikatakan Kepala Humas Pemerintah Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra yang menyebutkan, penulisan nama-nama pahlawan nasional maupun lokal di lantai batu pedestrian jalan dilakukan setelah pengerjaan pedestrian selesai pada 2017.
Menurutnya, rencana penulisan nama-nama pahlawan di lantai pedestrian tidak jauh berbeda dengan bentuk pedestrian yang ada di negara maju. Sehingga Wali Kota Makassar berencana untuk mencontoh pedestrian di negara maju dengan menuliskan nama para pahlawan di pedestrian jalan di Makassar.
“Tidak apa-apaji itu ditulis nama-nama pahlawan, lihat maki di negara-negara maju begitu semuaki nama pahlawan dan sejarahnya ditulis di batu,” ucapnya.
Keinginan wali kota untuk menghargai para tokoh melalui nama di pedestrian sempat ditanggapi serius Sekretaris Kota Makassar, Ibrahim Saleh.
Menurut Ibe, nama-nama pahlawan yang dituliskan di lantai pedestrian terkesan tidak menghormati nama para pahlawan. Sebaiknya, kata Ibe penulisan nama-nama pahlawan dapat dilakukan di batu yang berdiri.
“Nama-nama pahlawan ditulis di lantai pedestrian kurang baik. Mungkin lebih baik kalau ditulis di batu yang berdiri di sudut-sudut, karena itu juga mengenang nama-nama pahlawan,” ucap Ibe.
Menurut Ibe, pernyataan yang dikeluarkan hanyalah sebatas usulan. Karena dirinya tetap menghargai atau menghormati inovasi Wali Kota Makassar dalam membangun Kota Makassar menjadi lebih baik. “Itu usulan saja dan saya tetap menghargai rencana Wali Kota Makassar,” singkatnya.(arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top