Metro

Talekang di Ewako Fest #3 PSK Unhas

MAKASSAR, BKM — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pantun dan Seni Kreatif (PSK) Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menggelar Festival Seni Warisan Budaya Kontemporer (Ewako Fest #3). Festival yang digelar dalam rangka ulang tahun ke-5 UKM PSK ini dilaksanakan di Baruga AP Pettarani Kampus Unhas, Sabtu (10/12) nanti.
Tahun ini, panitia pelaksana Ewako Fest #3 memilih tema Talekang. Talekang adalah singkatan dari “Tumbuhkan Moral Pendidikan Agar tak Terbelakang”. Acara ini akan diisi sejumlah performance diantaranya opera pantun, band, visualisasi puisi, dance kontemporer, magic show, pantomim, mural live dan pemutaran film.
Ketua Panitia Ewako Fest #3, Evi Anggraeni HR mengatakan, mereka memilih tema Talekang karena ingin mengkritik dunia pendidikan saat ini. Dimana, menurut Evi, kondisi pendidikan Indonesia kini sangat mengkhawatirkan karena pendidikan tidak lagi membentuk karakter. Padahal, lanjutnya, untuk membangun bangsa harus dibentuk dari pendidikan karakternya.
“Dengan kegiatan yang dirangkaikan hari jadi UKM PSK Unhas, kami bertekad terus berkiprah menjaga eksistensi budaya lokal maupun nasional,” ujar Evi dalam rilisnya, Selasa (6/12).
Sementara itu, Ketua UKM PSK Unhas, Satria dalam rilisnya menjelaskan, saat ini banyak anak muda memilih hidup kebarat-baratan dan kurang beretika. Mereka juga, katanya, sudah melupakan budaya lokal. Salah satunya adalah pantun.
“Dengan kegiatan ini, kami ingin menumbuhkembangkan budaya lokal, mempertahankan seni budaya pantun dan meningkatkan kualitas SDM bidang kesenian bagi para pemuda dan masyarakat umum,” jelas Satria. Ewako Fest #3 nanti akan diawali dengan opening gate, games, sounding kegiatan dan video teaser. (rls)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top