Pembangunan Replika Balla Lompoa Kembali Dirancang – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Pembangunan Replika Balla Lompoa Kembali Dirancang

GOWA, BKM — Rencana Pemkab Gowa membangun miniatur Balla Lompoa (istana museum Balla Lompoa) yang sudah pernah dibicarakan beberapa tahun lalu pada masa pemerintahan H Ichsan YL sebagai Bupati Gowa, kini kembali digagas Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Rencana pembangunan replika istana itu kembali dibahas dua perwakilan pemerintah, yakni Sekretaris Direktorat Jendral Aspasaf Kemenlu RI untuk Cape Town, Sudirman.
”Memang keinginan terbesar kami bisa membangun Balla Lompoa di Kampung Makassar Cape Town. Dan rencananya replika Balla Lompoa ini sekaligus sebagai Syekh Yusuf Center. Kunjungan saya kesana baru-baru inj sekaligus melihat peluang agar rencana yang sempat digagas dulu bisa dilakukan,” kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di hadapan Sudirman.
Pertemuan dalam bentuk perjamuan makan siang di ruang kerja Bupati Gowa, Senin (5/12) siang, turut disaksikan rombongan Direktorat Afrika dan Penguasa KKN Afsel, Dr Hasrullah. Keinginan Bupati Gowa ini juga setelah bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Cape Town. ” Ini generasi kelima dan saat ini hanya sekadar memahami bahwa Syekh Yusuf sebagai penyebar agama Islam. Padahal mereka tidak memahami napak tilas pahlawan kebanggaan orang Gowa ini. Karena itu dikhawatirkan di beberapa generasi ke depan jejak Syekh Yusuf akan semakin hilang,” kata Adnan.
Sementara itu, Sekjen Aspasaf Kemenlu RI untuk Cape Town, Sudirman menjelaskan permasalahan yang dihadapi sehingga rencana pembangunan yang digagas dimasa pemerintahan SBY itu mandek. ”Sempat bermasalah pada persoalan lahan (kepemilikan lahan) dan saat itu terjadi perubahan pemerintahan di Afsel sehingga rencana ini menjadi terbengkalai. Namun akan kami jajaki kembali rencana ini,” kata Sudirman. (sar/mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top