Dispenda Tegur Damkar Hentikan Pungutan – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Dispenda Tegur Damkar Hentikan Pungutan

WATAMPONE, BKM — Tim Saber Pungli Kabupaten Bone diminta pro aktif dalam menjalankan tugasnya. Pasalnya disaat Tim Saber Pungli sibuk sosialisasi, di Kantor Damkar Kabupaten Bone justru diduga telah terjadi pungli berupa pembayaran retribusi alat pemadam kebakaran.
Hal terungkap saat sejumlah warga mengeluhkan adanya tagihan sambil memperlihatkan kwitansi bukti pembayaran.
Uniknya kwintasi penagihan adalah kertas biasa yang distempel Pemkab Bone dengan kop surat Pemkab. Hanya saja yang menjadi pertanyaan sebab pembayan tersebut dalam bentuk retribusi namun tidak memiliki porporasi dan juga tanpa kertas leges.
Jika mengacu ke Peraturan Daerah Bone Nomor 2 tahun 2011 maka nilai yang di tarikpun oleh oknum Damkar yang melakukan penagihan cukup tinggi. Sebab maksimal pembayaran hanya 90 Ribu dan minimal 10 ribu.
”Ini tidak termasuk rumah penduduk. Sesuai aturan retribusi pemadam kebakaran yang dikenakan retribusi hanya rumah usaha dan juga ruko termasuk yang mudah terbakar,” ujarnya.
Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Bone Drs M Syukri yang hendak dikonfirmasi terkait dugaan pungli yang terjadi di jajarannya ternyata tidak berhasil dikonfirmasi.
Sekretaris Dispenda Bone Drs Andi Alimuddin yang dikonfirmasi mengakui jika hak tersebut sudah
dikoordinasikan dengan pihaknya.
“Pernah memang pihak Damkar kami panggil soal itu. Dan itu kami berikan peringatan untuk dihentikan,”jelas Andi Alimuddin.
Sementara itu Wakil Ketua Saber Pungli Bone Andi Amar Maruf yang hendak dikonfirmasi terkait hal ini tidak berhasil. (amr/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top