Penyuluh Harus Kreatif dan Inovatif – Berita Kota Makassar
Metro

Penyuluh Harus Kreatif dan Inovatif

MAKASSAR, BKM — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang minta kepada para penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan untuk terus mengembangkan pengetahuan di bidangnya masing masing untuk kemudian di terapkan kepada para petani, sehingga nantinya petani dapat mengikuti perkembangan teknologi pertanian, perikanan dan kehutanan.
“Jadi penyuluh harus terus membekali diri dengan pengetahuan dan teknologi pertanian, perikanan dan kehutanan untuk kemudian ditransfer ke para petani sebagai modal keahlian untuk mengembangkan usaha tani mereka”, harap Agus ketika membuka acara pertemuan koordinasi pelaksanaan program lintas sektor (pertanian,perikanan dan kehutanan) di Hotel Quality Makassar, Jumat, (2/12).
Agus AN juga berharap agar pihak terkait terus melakukan penelitian untuk menghasilkan inovasi di bidang pertanian, perikanan maupun peternakan. Dia mencontohkan misalnya mencari suatu teknologi pertanian budidaya yang dapat menghasilkan produksi lebih banyak, tetapi jangka waktu tanam hingga berproduksi relatif singkat.
“Saya kira bisa kita pikirkan dengan melakukan suatu penelitian dengan cermat, agar tanaman budidaya dapat menghasilkan lebih banyak dari biasanya, tetapi waktu tanam hingga panen singkat,” ujarnya.
Mantan Ketua DPRD Sulsel itu juga minta agar pengembangan teknologi peternakan terus dikembangkan. dia berharap agar ada solusi dari hasil penelitian agar setiap sapi betina dapat melahirkan anak kembar dua atau lebih. Menurutnya hal ini bisa, mengingat banyak binatang peliharaan yang juga berkaki empat, tetapi bisa melahirklan anak lebih dari dua ekor.
“Sapi juga dapat dikembangkan melalui teknologi agar dapat melahirkan anak kembar, karena binatang peliharaan yang berkaki empat lainnya seperti babi dapat melahirkan anak rata rata diatas tiga ekor,” tambahnya. (rhm)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top