Gojentakmapan

KT Sunggumanai Hadirkan Bank Sampah

GOWA, BKM — Warga Desa Sunggumanai patut berbangga. Pasalnya, di wilayah mereka sudah berdiri bank sampah yang bernama Bank Sampah Green yang berlokasi di Perumahan Bumi Zarindah Blok J No 14. Kepala Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa, Andy Azis Peter secara langsung melaunching bank sampah serta melakukan penimbangan perdana sampah yang siap didaur ulang, Sabtu (3/12).
Ketua Karang Taruna (KT) Kecamatan Pattalasang, Faidil Ichsan, dalam sambutannya, mengatakan, dirinya mengapresiasi keberadaan bank sampah yang dikelola Karang Taruna Julu Kanay, Desa Sunggumanai. Sebab keberadaan bank sampah bisa membuat wilayah menjadi bersih dan memberikan keutungan bagi warga sekitar.
”Ini baru satu-satunya bank sampah yang terbentuk di wilayah Pattalassang. Dan ini menjadi motivasi bagi desa lainnya untuk turut mengadakan bank sampah. Istimewanya lagi, sampah yang siap didaur ulang akan dijemput di rumah warga,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Kecamatan Pattalassang, Andy Azis Peter, mengatakan, mengadakan bank sampah di Desa Sunggumanai tidak gampang. ”Saya sempat ragu apakah bank sampah di Desa Sunggumanai bisa dilakukan. Bahkan saya sempat sangsi. Tapi ternyata bisa dilakukan. Saya berterima kasih ke Karang Taruna Desa Sunggumanai dan pelopor berdirinya bank sampah yakni Kepala Desa Sunggumanai, Abdul Rivai Rasyid,” tegas Andy Azis yang juga Ketua Karang Taruna Kecamatan Pattalasang ini.
Ia berharap, agar keberadaan bank sampah Karang Taruna di Pattalasang tidak sampai mati suri. Tapi harus lebih dikembangkan dan dilanjutkam terus. ”Kita buka pikiran masyarakat dengan mengadakan bank sampah. Ini tantangan dan harus berjalan terus. Tingkatkan sosialisasi ke masyarakat,” tegasnya.
Camat juga meminta agar pengelola bank sampah bisa bersama-sama melengkapi infrastruktur bank sampah. ”Mari kita sama-sama mengembangkan bank sampah. Kalau dilihat bank sampah ini kotor tetapi besar nilainya. Kita bisa bayangkan pendapatan pemungut sampah ternyata sangat besar dibandingkan pegawai. Kenapa kita tidak bisa lakukan seperti itu. Apalagi, pola pikir warga dan SDM nya sudah di Kecamatan Pattalassang,” tambahnya.
Usai memberi sambutan, Camat Pattalassang menimbang sampah dos dan gelas air mineral milik Sultan warga Perumahan Bumi Zarindah. Dari hasil penimbangan, Sultan mendapatkan saldo Rp12 ribu dari buku tabungannya. Begitu pun sampah gelas mineral milik Rivaldi yang berdomilisi di Blok B2, ia mendapatkan saldo Rp6.000. (war)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top