Dua Fraksi Soroti Pengangkatan Dirut BUMD – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Dua Fraksi Soroti Pengangkatan Dirut BUMD

LUTIM, BKM — Pengangkatan Direktur Utama (Dirut) Badan Usahan Milik Daerah (BUMD) PT Bumi Timur Agro menuai sorotan dari dua fraksi di DPRD Luwu Timur. Kedua fraksi tersebut yakni Fraksi PDIP dan Demokrat.
Keduanya menyoroti pengangkatan Dirut PT Bumi Timur Agro, Nurhaeda yang dinilai catat hukum dan bertentangan dengan Perda nomor 2 tahun 2012 tentang pembentukan BUMD pasal 9 ayat 2.
Di pasal itu menjelaskan, pengangkatan pengurus badan usaha, terlebih dahulu dilakukan fit and proper test yang dilakukan oleh tim Indevenden dengan keputusan Bupati. Itu dilakukan untuk mendapatkan pengurus BUMD yang mempunyai kemampuan profesional dan integritas. Hanya saja, fit and proper test tidak dilakukan.
Ketua fraksi partai Demokrat, Herdinang mengakui pengangkatan Dirut PT Bumi Timur Agro tidak sah berdasarkan aturan yang berlaku. Olehnya itu, fraksinya meminta agar pengangkatan Dirut BUMD tersebut segera di tinjau ulang.
“Apapun yang dilakukan dengan mengabaikan regulasi yang ada itu sifatnya ilegal sehingga Fraksi Demokrat meminta agar pengangkatan Dirut BUMD ini ditinjau ulang,” ungkap Herdinang
Ketua Fraksi partai PDI Perjuangan, Pieter Ka’Pe Parrangan menyayangkan pengangkatan Dirut PT Bumi Timur Agro yang tidak sesuai prosedur. Padahal, pengelola dan semua mitra kerja BUMD selama ini dinilai memahami aturan dan sangat profesional.
“Jika benar menyalahi regulasi harus ada yang bertanggung jawab dan Dirut ini tidak bisa menjalankan roda BUMD sebelum semuanya diselesaikan sesuai aturan yang berlaku,” ungkap Pieter.
“Saya konfirmasi dulu ke pimpinan dewan. Selain itu, bahwa kegiatan ini kan transportasi via udara, seharusnya banyak rukun dan damaiki kan lebih enak, pengelola legetimate atau sah, maskapai senang dan penumpang bahagia,” ungkap Pieter.
Sementara Dirut PT Bumi Timur Agro, Nurhaeda belum dapat berkomentar banyak. Menurutnya, soal Fit And Proper test bisa ditanyakan ke staf ahli. (alp/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top