Ribuan Ormas di Sulsel tak Aktif – Berita Kota Makassar
Metro

Ribuan Ormas di Sulsel tak Aktif

MAKASSAR, BKM –Ternyata sesuai data dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel, tercatat sekitar 1700-an organisasi massa (ormas) yang memiliki izin untuk beraktifitas.
Dari angka tersebut, menurut Kepala Kesbangpol Sulsel, Asmanto Baso Lewa, tidak sampai seribu yang aktif.
Dia mengemukakan, ormas yang tidak aktif itu, dalam arti tidak tertib lagi pelaporan aktifitas dan administrasinya ke Kesbangpol. Karena itu, pihaknya melakukan verifikasi ulang dan tidak memperpanjang lagi izin ormas bersangkutan.
Sementara terkait ormas yang tidak memiliki izin beraktifitas, Asmanto mengaku pihaknya mendeteksi cukup banyak. Namun dia tidak bisa menyebut dengan pasti jumlah ormas yang dimaksud.
“Kalau ormas yang tidak memiliki ijin juga cukup banyak. Namun saya tidak tahu angka pastinya. Karena itu menjadi ranah aparat kepolisian,” ungkap Asmanto, Jumat (2/12).
Yang jelas, kata Asmanto, ormas yang tidak memiliki ijin otomatis tidak akan memperoleh Surat Keputusan Bersama (SKB) untuk beraktifitas.
Sejauh ini, pihaknya tidak bisa mengintervensi ormaa-ormas yang tidak memiliki ijin tersebut. Apalagi, ada ketentuan undang-undang yang menegaskan bahwa hak berkumpul menjadi hak setiap orang. Yang masuk dalam pemantauan dan verifikasi Kesbangpol adalah ormas yang memiliki surat keterangan terdaftar.
“Yang tidak miliki ijin itu di ranah kepolisian. Menjadi ranahnya untuk menertibkan,” pungkas Asmanto.
Sementara untuk ormas yang memiliki ijin, secara otomatis, setiap lima tahun harus diperbarui dan diverifikasi ulang ijinnya. Ketika tidak mengikuti ketentuan yang berlaku, otomatis ormas bersangkutan dihapus dalam daftar. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top