Syamsuddin Hamid Bisa Disoal Andi Hamzah Pangki Dilematis – Berita Kota Makassar
Politik

Syamsuddin Hamid Bisa Disoal Andi Hamzah Pangki Dilematis

IST SAMBUTAN--Ketua harian Golkar Sulsel HM Roem memberikan sambutan pada pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Bone baru-baru ini.

MAKASSAR, BKM–Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Pangkep Syamsuddin A Hamid yang baru saja terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) Golkar pekan lalu bisa saja disoal, manakala adik kandungnya yakni Syamsul Hamid menerima amanah sebagai Ketua DPD Partai Nasdem Pangkep.
Hal tersebut karena bertentangan dengan petunjuk tehnis (Juknis) pelaksanaan Musda yang mengatur bahwa tak dibolehkannya calon ketua DPD II maju di Musda manakala memiliki keluarga atau garis keturunan lurus keatas kebawah dan kesamping aktif dipartai lain.
Menurut Wakil Ketua koordinator Bidang DPD I Golkar Sulsel Arfandi Idris bahwa yang dimaksud dengan garis keturunan langsung keatas, kebawah dan kesampaing adalah ayah atau ibu, anak dan saudara. “Juknis tersebut mengatur soal garis keturunan sedarah satu tingkat keatas, kebawah dan kesamping adalah orang tua, anak dan saudara,”ujar Arfandi, Kamis (1/12).
Seperti diketahi Syamsul A Hamid baru saja dikenakan topi dan jas Partai Nasdem oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS).
Tak hanya itu, RMS yang juga Bupati Sidrap dua periode ini juga mengajak agar adik kandung Bupati Pangkep tersebut agar menjadi Ketua DPD Partai Nasdem Pangkep.
Sementara itu, calon Ketua DPD II Partai Golkar Bulukumba Andi Hamzah Pangki juga terganjal untuk menjadi ketua Golkar menggantikan Zainuddin Hasan. Hal itu karena adik kandung Hamzah Pangki yakni Andi Zulkarnain Pangki telah ditetapkan sebagai Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Bulukumba.
Wakil ketua Koordinator Bidang Golkar Sulsel, HA Kadir Halid juga menanggpi hal tersebut. Kadir yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Sulsel mengaku bila posisi Hamzah Pangki sangat dilematis. “Iya kecuali jika Andi Zulkarnain Pangki mundur dari jabatan Ketua PAN Bulukumba,”tegas Kadir, Kamis kemarin.
Sebelum menerima tiga orang pengurus Golkar Bulukumba diruang kerjanya, Kadir yang tak lain adalah adik kandung Ketua Golkar Sulsel transisi HAM Nurdin Halid mengemukakan jika Zulkarnain tidak mundur maka DPD I Golkar Sulsel akan berfikir untuk menyetujui majunya Hamzah Pangki, “Kecuali ada persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat,”jelas Kadir yang juga anggota Komisi D DPRD Sulsel ini. (rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top