Barombong Butuh Suntikan Dana Rp222 Miliar – Berita Kota Makassar
Metro

Barombong Butuh Suntikan Dana Rp222 Miliar

MAKASSAR, BKM — Pemprov Sulsel terus menggenjot penyelesaian Stadion Barombong yang akan menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Sulsel.
Saat ini, sementara diselesaikan pembangunan tribun bagian utara setelah sebelumnya, tribun timur sudah dirampungkan.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Muchlis Mallajarang mengatakan, hingga saat ini, pembangunan Stadion Barombong sudah menghabiskan anggaran sekitar Rp107,354 miliar. Dana itu bersumber baik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).
Stadion Barombong mulai dikerjakan sejak tahun 2011. Dengan perincian anggaran, tahun 2011 mendapat kucuran dana sebesar Rp14,5 miliar dari APBN, 2012 sebesar Rp10,5 miliar bersumber dari APBN, 2013 sebesar Rp3 miliar dari APBN.
Tahun 2014, pembangunan Stadion Barombong memperoleh suntikan dana yang cukup besar yakni Rp37,354 miliar. Angka itu bersumber dari APBD sebesar Rp20 miliar, dan APBN sebesar Rp17,354 miliar.
Pada tahun 2015 lalu, stadion yang akan dipersiapkan sebagai salah satu fasilitas PON jika Sulsel menjadi tuan rumah kembali mendapat suntikan dana sebesar Rp25 miliar dari APBD dan tahun 2016 sebesa Rp17 miliar juga dari APBD.
“Jadi total anggaran yang sudah dihabiskan untuk pembangunan Stadion Barombong hingga saat ini sebesar Rp107,353 miliar,” kata Muchlis disela-sela peninjauan Stadion Barombong, Kamis (1/12).
Dia mengemukakan, jika dikalkulasi anggaran untuk penyelesaian Stadion Barombong hingga rampung pembangunan tribun penonton secara keseluruhan, masih dibutuhkan sekitar Rp222 miliar.
Untuk menggenjot penyelesaiannya, tentu saja Pemprov Sulsel butuh anggaran yang tidak sedikit. Sehingga suntikan dana dari APBD, tahun depan Muchlis juga berharap ada bantuan dari APBN.
Untuk APBD Pokok 2017, diusulkan Rp150 miliar. Sementara APBN sebesar Rp49 miliar.
Khusus untuk mendapat suntikan dana yang bersumber dari APBN, kata Muchlis, sejauh ini, pihaknya telah mengantarkan proposal ke Kementerian Pemuda dan Olahraga.
Kalau jumlahnya bisa konsisten sesuai hasil akumulasi dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan anggaran dari Kemenpora serta APBD, ditargetkan tahun 2018 Stadion Barombong akan diresmikan.
“Jadi tanggal 5 Desember mendatang, kami akan ke Jakarta memastikan anggaran dari pusat,” jelasnya.
Dia merinci, jika usulan anggaran Stadion Barombong disetujui di APBD 2017, bisa digunakan untuk menyelesaikan tribun Utara dan mengerjakan lagi VIP tribun barat.
“Khusus untuk pembangunan Tribun Selatan, kami berjuang untuk mendapatkan suntikan dari APBN,” jelasnya.
Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo pun antusias mendengar kabar proyek tersebut akan segera rampung. Ia menegaskan bahwa pembangunan Stadion Barombong itu harus bisa segera diselesaikan.
“Saya berharap itu bisa selesai, dan bisa digunakan 2018 nanti. Masa sekian lama kita cuma gunakan Andi Mattalatta terus. Lama kelamaan itu kan sudah tidak representatif lagi,” pungkasnya. (rhm)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top