Gojentakmapan

412 Pengendara Terjaring Operasi

MAROS, BKM — Selama operasi Zebra digelar Satlantas Polres Maros berhasil menjaring sebanyak 412 pengendara sepeda motor. Operasi ini digelar di berbagai titik di wilayah hukum Polres Maros. Kasat Lantas Polres Maros, AKP Sahabuddin, kepada wartawan, Rabu (30/11), mengatakan, operasi Zebra yang berlangsung pada 16 sampai 29 November 2016, melibatkan fungsi lalulintas dengan didukung fungsi lain, telah menilang 412 pengendara motor yang tidak dilengkapi dokumen kendaraan dan kelengkapan kendaraan lainnya.
”Pengendara yang melakukan pelanggaran saat operasi telah ditindak dengan cara tilang,” jelas Kasat Lantas.
Kemudian lanjut Kasat, jika dibandikan tahun 2O15 lalu, jumlah pengendara motor yang dikenakan sanksi tilang sebanyak 4O7 pengendara. Jadi untuk tahun ini peningkatan jumlah pelanggar dalam wilayah hukum Polres Maros hanya mengalami peningkatan 5 kendaraan atau sekitar1,2 persen. ”Angka pelanggaran lalulintas yang ditilang tahun ini hanya naik 5 unit atau 1,2 persen dari jumlah pelanggar sepeda motor,” kata Kasat Lantas.
Sedangkan untuk angka kecelakaan lalulintas, selama operasi Zebra 2016 meningkat 13 kasus kecelakaan atau naik 6 kasus, jika dibandikan tahun 2O15 yang hanya 7 kasus. ”Angka kecelakaan lalulintas telah mengalami peningkatan 7 kasus jika dibandikan tahun lalu,” sebut Kasat.
Selain menilang, pihak Satlantas juga memberi teguran kepada 17 orang pengendara. Pada tahun 2015, jumlah pengendara yang mendapat teguran mencapai 44 orang. Teguran yang diberikan kepada pengendara ini karena tingkat pelanggaran yang ditemukan tidak memberatkan atau dapat mengurangi risiko kecelakaan. Seperti tidak memasang tali pengaman saat berkendaraan dan pelanggaran ringan lainnya. ”Pengendara yang hanya ditemukan melakukan penggaran ringan telah diberikan teguran agar mereka dapat meningkatkan kedisilinan berlalulintas,” ujarnya.
Intinya, kata dia, operasi Zebra yang baru berakhir pada Rabu malam dimaksudkan untuk mewujudkan kesamaan persepsi dan cara bertindak dalam rangka mewujudkan Kamseltibcarlantas menjelang Hari Raya Natal tahun 2016 dan Tahun Baru 2017. (ari/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top