Metro

Wali Kota Ingin Pete-pete Smart Segera Diluncurkan

MAKASSAR, BKM– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dalam waktu dekat akan duduk bersama dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) bersama sejumlah sopir angkutan Petepete untuk membicarakan peluncuran alat transportasi berbasis IT yang bernama Pete-pete Smart.
Hal tersebut menyikapi peristiwa yang dialami salah seorang siswa sekolah dasar yang tewas setelah terseret oleh petepete, karena sopir diduga ugal-ugalan. Pertistiwa tersebut membuat Danny sapaan akrab Wali Kota Makassar prihatin.
“Keselamatan masyarakat jauh lebih penting dari segalanya. Kehadiran Petepete Smart juga demi kebaikan masyarakat. Untuk itu, perlu didiskusikan dengan Organda,” kata Danny, Rabu (30/11).
Lebih jauh tambah Danny, kehadiran Pete-pete Smart diharapkan menjadi solusi permasalahan transportasi yang kerap diresahkan masyarakat, seperti aksi ugal-ugalan yang dilakukan hampir sebagian para sopir angkutan umum khususnya Petepete.
“Inilah solusi transportasi yang aman dan tidak ada ugal-ugalan karena Petepete Smart berbasis IT dan melalui rute tertentu. Saya sudah rencanakan 10 Desember atau 12 Desember kita launching,” sebutnya.
Terpisah, salah seorang pengusaha Petepete di Makassar yang juga warga Jalan Monumen Emmy Saelan, Dg Tompo mengaku cukup prihatin atas musibah yang menimpa bocah sekolah dasar tersebut. Pemilik delapan unit Petepete dengan berbagai jurusan tersebut menegaskan, rata rata sopir petepete anak muda dan pakai sopir kernet. “Rata-rata kernet mobil baru belajar bawa mobil. Hal ini sebenarnya yang perlu dikontrol oleh pengusaha Petepete. Saya setiap hari keliling memantau aktifitas petepete ku,” ungkap Dg Tompo.
Dg Tompo juga meminta dinas terkait rutin melakukan pemeriksaan kelengkapan, dikarenakan banyaknya sopir cadangan yang belum mengantongi surat izin mengemudi. “Memang setiap bulan dilakukan pemeriksaan kelengkapan seperti SIM serta memeriksa urine para sopir. Karena dikhawatirkan ada oknum sopir yang menggunakan obat-obatan terlarang,” pintanya.(arf-jun)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top