Lima Tokoh Berperan Kembangkan Unsulbar – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Lima Tokoh Berperan Kembangkan Unsulbar

BKM/ALALUDDIN PENGHARGAAN -- Penyerahan cinderamata sebagai penghargaan kepada lima tokoh yang paling berjasa dalam menghadirkan Unsulbar.

MAMUJU, BKM — Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) memberi penghargaan kepada lima tokoh Sulawesi Barat yang dianggap berjasa dalam memajukan pendidikan. Khususnya bagi Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) Universitas Sulawesi Barat.
Kelima tokoh tersebut diberi penghargaan saat perayaan dies natalis dan wisuda Unsulbar, Rabu (30/11). Kelima tokoh yang mendapatkan penghargaan, yakni Prof Dr Abdul Muin Liwa, Dr Rahmat Hasanuddin, St Hatisah, Muhammad Darwis, dan Saggaf Katta.
”Kelimanya memiliki jasa besar dalam mendirikan dan mengembangkan Unsulbar hingga akhirnya menjadi perguruan tinggi negeri seperti sekarang ini. Unsulbar memberi apresiasi atas jasa-jasa mereka,” kata Rektor Unsulbar, Dr Akhsan Djalaluddin.
Kelima tokoh penerima penghargaan Unsulbar itu memiliki peranan beragam dalam pendirian Unsulbar yang awalnya perguruan tinggi swasta pada 2008 hingga dialih status menjadi perguruan tinggi negeri pada 2013.
”Prof Muin Liwa selain sebagai salah satu pendiri Unsulbar, juga merupakan rektor pertama Unsulbar. Kalau pak Muhammad Darwis itu adalah bupati Majene saat kita merintis Unsulbar. Beliau sangat banyak membantu. Begitu pula ibu Hatisah. Beliau memberi rekomendasi Akper Majene bergabung ke Unsulbar. Sedangkan pak Saggaf sejak awal juga banyak membantu,” kata Dr Rahmat Hasanuddin yang juga merupakan salah seorang pendiri Unsulbar.
Senada dengan Rahmat Hasanuddin, Rektor Akhsan Djalaluddin menjelaskan, pemberian penghargaan itu sudah melalui pembahasan di kampus dengan melihat rekam jejak sejumlah figur yang dinilai berjasa bagi Unsulbar.
Pada wisuda ke-5, Unsulbar mewisuda 127 mahasiswa dari 7 fakultas, turut dihadiri rektor, wakil rektor dan para dekan se Unsulbar. Wisuda sarjana dan diploma angkatan ke-5 tersebut juga dihadiri antara lain Bupati Majene, Fahmi Massiara serta Asisten I Pemprov Sulbar, Jamil Barambangi mewakili gubernur.
Dalam rangkaian puncak perayaan dies natalis, tampil menyampaikan orasi ilmiah tokoh nasional asal Sulbar, Prof Dr Basri Hasanuddin yang juga saat ini merupakan ketua majelis wali amanat Unhas, Makassar. Sebelum puncak dies natalis dan wisuda, Unsulbar sepekan sebelumnya menggelar pekan olah raga dan seni (Porseni) serta sejumlah kegiatan seminar dan bakti sosial. (ala/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top