Berita Kota Makassar | Sulsel Disuntik Rp540 M
Metro

Sulsel Disuntik Rp540 M

MAKASSAR, BKM — Tiga tahun terakhir, Pemerintah Provinsi Sulsel mengelola pajak rokok yang menjadi salah satu sumber pembiayaan baru bagi peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Tahun 2014, awal pemberlakuan pemungutan pajak rokok, Pemerintah Provinsi Sulsel menerima sebesar Rp244 miliar lebih, 2015 sebesar Rp397 miliar, dan tahun 2016 diperkirakan penerimaan pajak rokok sebesar Rp500 miliar lebih.
Penerimaan itu dibagi hasilkan sebesar 70 persen ke kabupaten/kota, sementara 30 persen untuk provinsi. Anggaran sebesar 70 persen untuk daerah itu dibagi lagi. Sebesar 40 persen dibagi rata ke daerah sementara 60 persen berdasarkan aspek potensi/jumlah penduduk berdasarkan Dana Alokasi Umum (DAU).
Selanjutnya, paling sedikit 50 persen dari bagian yang diterima daerah, dialokasikan untuk peningkatan pelayanan kesehatan dan penegakan hukum terkait dengan implementasi Perda Pajak Rokok sebagaimana diamanahkan dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 dan Peraturan Daerah Provinsi Sulsel Nomor 8 Tahun 2013 tentang Pajak Rokok.
Sekretaris Provinsi Sulsel, Abdul Latif mengemukakan, sejak tahun 2014, Pemprov Sulsel telah melakukan asistensi, monitoring, evaluasi, atas ketepatan penggunaan pajak rokok.
Menurutnya, kelancaran penyaluran dana bagi hasil pajak rokok berkorelasi langsung dengan kelancaran penyaluran pajak rokok yang diterima. Sehingga Abdul Latif meminta dengan sangat, perhatian seluruh kabupaten/kota agar berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat permintaan pencairan dana bagi hasil pajak rokoknya.
“Keterlambatan satu daerah, akan menghambat penerimaan pajak rokok kita sema, karena pemerintah pusat hanya akan menyalurkan penerimaan Pajak Rokok triwulan berikutnya apabila seluruh bagi hasil kabupaten/kota dari penerimaan sebelumnya telah tersalurkan,” kata Abdul Latif, Selasa (29/11).
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan, Yani Mansyur memperkirakan tahun depan, penerimaan Sulsel dari Pajak Rokok sebesar Rp540 miliar. Mengalami sedikit kenaikan dibanding tahun lalu. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top