Mukhtar Tompo Wujudkan Jeneponto Bersih – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Mukhtar Tompo Wujudkan Jeneponto Bersih

JENEPONTO, BKM — Dalam mewujudkan kabupaten Jeneponto yang bersih, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia bekerjasama anggota Komisi VII DPR RI Dapil Sulawesi Selatan 1 dari Partai Hanura, Mukhtar Tompo, menggelar sosialisasi bertajuk ‘Pengembangan Bank Sampah dalam Pengelolaan Infrastruktur Hijau menuju Indonesia Bebas Sampah 2020’.
Sosialisasi berlangsung di kantor kepala desa Balang Baru, kecamatan Tarowang, kabupaten Jeneponto, Senin (28/11). Sosialisasi ini dihadiri Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, Wakil Bupati Jeneponto, Mulyadi Mustamu, sejumlah tokoh masyarakat, dan ratusan peserta sosialisasi. Dalam sambutannya, Bupati Jeneponto mengapresiasi kiprah Mukhtar Tompo sebagai legislator Senayan.
Misalnya upaya Mukhtar untuk mengeksplorasi blok Migas di kawasan Karaeng. Ikhsan juga menjelaskan, hingga saat ini telah ada lima calon investor yang siap mengembangkan potensi angin di Jeneponto. ”Semuanya merupakan bagian dari bidang tugas pak Mukhtar di Komisi VII DPR RI. Dari sekian banyak anggota DPR RI, hanya pak Mukhtar Tompo yang paling peduli dengan pengembangan dan pembangunan Jeneponto. Setiap bulan beliau memberikan sesuatu untuk Jeneponto. Jadi bapak ibu sekalian, jangan salah pilih. Kita pertahankan pak Mukhtar Tompo di pusat,” terang Iksan.
Mukhtar Tompo dalam sambutannya menyatakan, selama beberapa bulan di Senayan, ia selalu berpikir untuk membawa sebanyak mungkin program yang bermanfaat bagi masyarakat Jeneponto. ”Insya Allah 2017 mendatang, kami akan memperjuangkan pengadaan motor sampah tambahan yang jauh lebih banyak bagi masyarakat kabupaten Jeneponto,” tegas Mukhtar.
Sedangkan pembicara dari pengelola bank sampah kota Makassar, Iskandar, menekankan kepada peserta untuk melihat sampah dari sisi yang berbeda. Sehingga sampah yang didapat dari sampah rumahtangga dan sampah lainnya dapat dimanfaatkan menjadi hal–hal berguna dan mendapatkan nilai lebih dari sampah tersebut.
”Sampah yang kita temui sehari–hari sebenarnya dapat kita kelola dengan baik. Misalnya botol minuman atau wadah minuman gelas apabila telah kita cacah dengan mesin pencacah setiap kilonya akan mempunyai nilai jual ekonomis,” ujarnya.
Lebih lanjut ia menerangkan pentingnya Bank Sampah dimana masyarakat dapat menjual sampahnya setiap hari ke bank sampah dan dapat mengambil uangnya setiap bulan. Sehingga dapat membantu ekonomi keluarga. Salah satu penerima motor sampah, H Abdul Karim menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Mukhtar Tompo.
”Insya Allah motor ini akan kami manfaatkan di lingkungan pesantren,” ungkap pembina Pesantren An-Nuriyah Kabupaten Jeneponto ini. (*mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top