Miliki Solar Ilegal, Pengusaha Solar Eceran Dibebaskan – Berita Kota Makassar
Kriminal

Miliki Solar Ilegal, Pengusaha Solar Eceran Dibebaskan

MAKASSAR, BKM — Polres Pelabuhan Makassar mengamankan 1 tangki solar dari kegiatan operasi yang digelar beberapa waktu lalu.
Selain barang bukti 1 tangki solar, polisi juga telah menahan pemilik/pengusaha solar tersebut. Hanya saja pihak Polres enggan menyebut nama pemilik dan perushaan solar yang diamankan itu.
Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar, AKP Ivan Wahyudi mengatakan, dasar penangkapan bisnis solar tersebut karena tidak memiliki izin dan dokumen kegiatan yang dilakukan. “Betul, kami amankan satu tangki solar, pemilkinya juga kita sudah panggil untuk dimintai keterangan,” kata Ivan, Senin (28/11).
Ivan menuturkan dilakukannya penahanan, lantaran pelaku tidak bisa menunjukkan bukti dokumen usaha dan kepemilikan usaha,” ujarnya.
Tindakan yang dilakukannya tanpa izin termasuk kejahatan yang dilarang oleh UU Migas. Ketentuan pidananya pasal 53 huruf d UU Migas yang menyebutkan bahwa, setiap orang yang melakukan niaga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 tanpa Izin Usaha Niaga dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling tinggi Rp30 juta.
Sementara Ketua Lembaga Pengawasan Pelayanan Publik Nasional (LP3-N), Rudi S. Gani meminta pihak kepolisian untuk serius dalam menangani kasus tersebut. Sebab kata dia, pemilik atau pengusaha solar tersebut masih berkeliaran bebas diluar.
“Pemilik solar itu sempat ditahan satu minggu, lalu dikeluarkan dan dibebaskan. Ada apa, kok langsung dibebaskan,” kata Rudi.
(drw/mat)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top