Miliki 2,75 Kg Sabu, Dua Tersangka Terancam Hukuman Mati – Berita Kota Makassar
Kriminal

Miliki 2,75 Kg Sabu, Dua Tersangka Terancam Hukuman Mati

MAKASSAR, BKM — Dua orang tersangka kasus dugaan penyalahgunaan narkotika, atas kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 2,75 kg. Diancam dengan pidana berat atas kepemilikan dan peredaran narkotika, asal Kalimatan Timur. Dua tersangka pemilik narkotika, jenis sabu yaitu, Eva Surnarti warga asal Polman dan Agus Setiawan (30) selaku kurir warga Bulungan, Kalimantan Timur terancam pasal hukuman mati.
“Kedua tersangka sabu ini kita jerat dengan pasal 114 ayat 2, undang-undang narkotika dengan ancaman hukum minimal 20 tahun penjara dan maksimal hukuman mati, “tegas Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Sulsel, AKBP Toto Tri Wibowo, Senin (28/11).
Toto menyebut, kedua tersangka ini perannya berbeda-beda. Tersangka Eva merupakan pemilik sabu 2,75 Kg itu, sedangkan Agus Setiawan merupakan kurir, yang membawa sabu tersebut dari Tarakan, Kalimantan Utara.
“Penyulundupan 2,75 Kg sabu itu, ada lima orang yang ditangkap. Dua orang itu sudah ditetapkan tersangka. Untuk tiga orang masih dikembangkan yakni Awaluddin, Musadir dan Hasanawati Arsyad,” cetusnya.
Sedangkan tiga orang lainnya hanya berada di TKP saat penangkapan dan masih berstatus saksi, belum ditetapkan sebagai tersangka.
Sementara Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, dalam kasus itu penyidik melakukan penyelidikan rekapan transaksi sabu.
Karena kata Frans, tidak menutup kemungkinan tersangka tersebut, sudah kerap bertransaksi.
“Termasuk juga bandarnya kita masih selidiki. Karena narkotika jenis sabu yang beredar di Makassar khususnya Sulsel, mayoritas asal Kalimantan.
Beberapa kasus narkoba yang terungkap, rata-rata barang itu dikirim dari Kalimantan masuk ke Sulsel, ” ucap Barung.
Seperti yang dilansir sebelumnya, sabu seberat 2,75 Kg itu dikirim dari Tarakan, Kalimantan Utara. Pelaku kata Barung, memasukkan barang haram itu melalui Pelabuhan Parepare.
“Sabu dengan berat kotor 2,75 Kg itu dibawa ke Sulsel melalui Pelabuhan Parepare. Penyelundupan sabu itu bukan pertama kalinya masuk di Sulsel malalui pelabuhan, ” ucap Barung didampingi Wadiresnarkoba Polda Sulsel.(mat)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top