Masuk Prolegnas, RUU KDRT dan Anak Harus Dikawal – Berita Kota Makassar
Metro

Masuk Prolegnas, RUU KDRT dan Anak Harus Dikawal

MAKASSAR, BKM — Rancangan Undang-undang (RUU) Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan anak masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) yang akan digodok tahun depan menjadi undang-undang.
RUU itu, menurut Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Apik, Rosmiati Sain harus dikawal dengan baik agar tercipta Undang-undang yang berkualitas serta betul-betul merepresentasikan kebutuhan masyarakat terhadap undang-undang tersebut.
Rosmiati menegaskan, pihaknya akan memantau dan terus mengawal perkembangan di Senayan.
Dia mengemukakan, kehadiran undang-undang tersebut
sudah sangat mendesak. Mengingat kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga, khususnya terhadap anak dan perempuan setiap saat mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
“Payung hukum untuk menjerat pelaku kekerasan dan perlakuan yang harus diberikan kepada korban sudah sangat dibutuhkan,” jelasnya.
Untuk menyuarakan aspirasi itu, bersama-sama sejumlah LSM dan koalisi perempuan di Sulsel, mendesak DPR RI dan DPD khususnya perwakilan Sulsel untuk berjuang agar RUU itu bisa terakomodir secara maksimal.
“Perlu terus didorong agar pemerintah, DPR RI, dan DPD memperhatikan RUU tersebut. Kami berharap di daerah lain juga bergerak perjuangkan ini,” jelasnya.
Dia mengaku angka kekerasaan di daerah terus melaju. Dalam beberapa bulan terakhir ini, LBH Apik menangani hingga puluhan kasus kekerasan seksual. Namun sayang, penangan kasus yang bisa diberikan masih minimal karena belum ada undang-undang khusus yang mengatur persoalan itu. (rhm)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top